Boyong Saman Gayuh ke Alun-alun Batu

MERIAH: Suasana perayaan Tahun Baru Alun-alun Kota Batu mulai terasa dengan pemasangan umbul-umbul ucapan selamat tahun baru

BATU – Suasana perayaan tahun baru 2014 dipastikan sangat meriah di kawasan Alun-alun Kota Batu, Selasa (31/12) malam mendatang. Puluhan ribu warga Batu dan juga wisatawan dipastikan tumplek blek di pusat kota tersebut.
Sebagai suguhan bagi masyarakat, Pemkot Batu melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sudah menyiapkan kegiatan menyemarakkan pergantian tahun itu. Dinas Pariwisata konsentrasi memberikan suguhan kesenian tradisional asal Kota Batu hingga Aceh.
Tanda-tanda kemeriahan Alun-alun Kota Batu sudah terlihat sejak siang kemarin (27/12). Beberapa sudut tempat berkumpulnya puluhan ribu massa itu sudah terpasang aneka spanduk. Pada sudut selatan sebelah timur juga terpasang tulisan Merry Christmas and Happy New Year.
Pantauan Malang Post, tulisan tersebut terpasang sebelah atas air mancur kecil. Tulisan itu sering digunakan pasangan muda-mudi untuk berfoto selama berada di Alun-alun itu.
‘’Kami biasa menghabiskan malam pergantian tahun di Alun-alun Kota Batu ini. Alun-alun ini pasti ramai dan banyak hiburan setiap malam tahun baru,’’ ungkap Arwinda, salah satu pengunjung Alun-alun.
Sementara kesenian dari Aceh yang bakal ikut menyemarakkan malam pergantian tahun di Alun-alun Kota Batu adalah tari Saman Gayuh. Tari khas dari tanah rencong itu dibawakan oleh para mahasiswa Aceh yang sedang kuliah di Malang.
‘’Mereka ingin menyumbangkan kepiawaian menari kepada warga kota dan wisatawan yang menghabiskan malam tahun baru di Alun-alun Kota Batu,’’ tegas Mistin, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu kepada Malang Post.
Selain kesenian oleh mahasiswa Aceh, kesenian dibawakan oleh seniman-seniman asal Kota Batu ikut menyemarakkan pergantian tahun di Alun-alun. Penampilan Sanggar Karawitan Indonesia (SKI) bisa menjadi pembuka pagelaran kesenian di lokasi itu. Selain itu, kesenian reog, karawitan dari desa-desa, musik keroncong dan pencak silat akan menghibur puluhan ribu warga. (feb/fia)