H-7 Tahun Baru, Saatnya Pembersihan

MALANG - Selama lima hari ke depan, klenteng Eng An Kiong bakal mengalami pembersihan. Seluruh areal klenteng harus bersih pada Imlek yang jatuh 31 Januari mendatang. Ritual pembersihan tersebut digelar pada H-7 Imlek, dimulai dengan membersihkan altar para dewa, kemarin.
Pembersihan klenteng ini dikoordinir oleh Arifin Honggo M, Kepala Bidang Agama Tao. Sebagaimana diketahui bahwa klenteng mempersatukan tiga iman, yakni Konghucu, Buddha Mahayana dan Tao. Pada akhir tahun ular air ini, pembersihan dimulai satu minggu menjelang imlek.
“Untuk altar dan patung para dewa, kita gunakan air bercampur bunga mawar untuk membersihkannya,” jelas Arifin kepada Malang Post.
Menurut dia, setiap tahun, pembersihan klenteng selalu dilakukan H-7 imlek. Biasanya, pekerjaan pembersihan berlangsung selama lima sampai enam hari. Hari pertama pembersihan ini, baru diikuti oleh enam orang umat.
“Biasanya pada hari berikutnya akan semakin banyak yang ikut,” imbuhnya.
Pembersihan juga dilakukan pada tempat dupa (Yu Lo), termasuk yu lo tertua di altar Dewa Bumi. Usia yu lo ini, pada tahun kuda kayu sama dengan  umur klenteng yakni 188 tahun.
“Yang umurnya sama dengan usia klenteng ya papan nama klenteng yang ada di depan, itu didatangkan dari Cina ratusan tahun lalu,” beber Arifin.
Karena memiliki barang kuno berusia ratusan tahun, maka upaya pembersihan ini dilakukan hati-hati. Terutama terhadap patung kecil kuno yang ringkih, berbahan perunggu, kayu dan porselin. “Selain pada altar Dewa Bumi, barang yang kuno sebagian besar ada di altar Dewi Kwan Im,” kata dia.
Di altar itu, Dewi Kwan Im dijaga oleh pengawal di kanan dan kiri. Sekaligus juga menjaga umat yang bermeditasi dari hal-hal yang buruk. Di altar itu juga terdapat 18 bekas penjahat yang kemudian bertobat dan menjadi murid Buddha. “18 orang ini yang dipuja di Shaolin, mereka adalah Shi ba luo han,” terangnya.
Shi ba luo han itu berjejer di kanan kiri altar. Masing-masing larik berjumlah sembilan patung. Adapun di atas Shi ba luo han terdapat delapan dewa. Detail di setiap altar dewa itu yang nantinya akan dibersihkan dalam lima hari ke depan.(ary/fia)