Mohon Ma'af, website sedang perbaikan.
Dapatkan Update Berita Terbaru di :
        www.malangpost.net

Kampung Go Internasional



MALANG – Fenomenal. Itulah kata yang menggambarkan perkembangan kampung di Kota Malang. Pada tahun ini, Kota Malang memunculkan ikon baru pariwisata kampung. Wilayah yang awalnya kumuh, terpinggirkan dan terlupakan, bertransformasi menjadi ikon kebanggaan masyarakat Kota Malang, yakni, Kampung Warna-Warni Jodipan (KWJ), Kampung Tridi, Kampung Terapi, dan Kampung Glintung Go Green (3G).
Wali Kota Malang H Mochamad Anton menyebut KWJ merupakan bentuk nyata fenomena ledakan media sosial yang mendunia.
“Berawal dari ide mahasiswa untuk mengubah wajah kampung kumuh, bekerjasama dengan perusahaan cat, mengubah kampung Jodipan menjadi ikon wisata yang booming di media sosial. Setelah itu, KWJ menjadi ikon wisata yang menarik wisatawan,” kata Abah Anton, sapaan akrabnya.
KWJ, merupakan kampung dengan kondisi lingkungan yang kotor, dan kumuh sebelum ada inovasi dari kalangan mahasiswa UMM. Masyarakatnya gemar buang sampah sembarangan. Kondisi sungai tak terawat, ekonomi warga pun tak terjamin. Namun, setelah KWJ dilahirkan, sedikit demi sedikit masyarakat Jodipan di pinggir Sungai Brantas ini bertransformasi.
Mereka menjadi promotor bagi wisata kampungnya. Masyarakat pun mengelola KWJ secara swadaya. Urunan untuk menjaga kebersihan kampung, pengelolaan parkir, serta berdikari lewat usaha kecil yang menghidupkan ekonomi warga, menjadi urat nadi utama kehidupan masyarakat KWJ.

Please publish modules in offcanvas position.