Sungkem Ibu, Gelar Open House

MALANG - Momentum Hari Raya Idul Fitri 1436 H digunakan Wali Kota Malang, H. Moch Anton untuk menggelar open house di rumah pribadinya di Jalan Tlogo Indah 16, Tlogomas, usai salat Ied. Open house sengaja di gelar di rumah pribadinya untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk berlebaran bersama walikota.
Sebelum menggelar open house, Abah Anton terlebih dahulu sungkem kepada ibunda tercintanya, Hj. Sumiyati yang juga tinggal bersamanya dan keluarga besarnya. Keluarga Abah Anton akan menyambut ramah setiap warga yang datang berlebaran ke kediamannya.
“Setiap lebaran sudah menjadi tradisi atau kebiasaan kami sekeluarga, selalu mengadakan open house untuk menerima kunjungan silaturahim warga sekitar dan juga masyarakat Kota Malang yang akan bersalaman atau berhalal bihalal,” kata Abah Anton.
Open house untuk warga tidak digelar di Balai Kota Malang, tapi digelar di rumahnya di Jalan Tlogo Indah, Tlogomas. Selain disiapkan menu hidangan special lebaran, Abah Anton dan istri, Hj. Dewi Farida Suryani memiliki kebiasaan yang selalu dilakukannya, yakni membagikan uang baru (golak gampil) kepada anak-anak kecil dan orang tua lanjut usia.
Tidak hanya warga sekitar saja yang datang berhalal bihalal dengan Abah Anton, beberapa kalangan pengusaha, organisasi di Kota Malang dan lainnya, juga ikut berhalal bihalal dengan orang nomer satu di Pemkot Malang itu.
"Ini hari kemenangan. Hikmah penting dari Idul Fitri adalah rasa syukur kepada Allah atas kemenangan, karena kita telah dapat melawan hawa nafsu dan menjalani puasa satu bulan penuh serta amal ibadah yang menyertainya selama Ramadan," terangnya.
Abah akan selalu merindukan kehadiran dan bertemu dengan Ramadan pada tahun-tahun yang akan datang. Bulan yang penuh berkah dan ampunan. Harapannya, semangat beribadah dan beramal saat Ramadan lalu, dapat  terus tumbuh pada 11 bulan lainnya di luar Ramadan. (aim)