Letak Patung
Patung atau arca yang terbuat dari batu sangat baik untuk menggambarkan kekuatan dan stabilitas. Jika sedang mengalami masalah, patung batu sebaiknya diletakkan di sektor yang sesuai dengan problem tersebut. Misalnya, bila sedang mengalami problem pengembangan pribadi dan akademis, letakkanlah patung batu di sektor Timur Laut dari halaman rumah.
Memilih patung bisa juga dengan mencermati karakter patung. Bila dimaksudkan sebagai pelindung dengan memilih patung Singa atau Dwarapala, sebaiknya diletakkan di posisi buruk atau arah negatif dari ”Delapan Arah”, seperti pada arah ”Lima Setan” atau ”Hawa Pembunuh”. Namun, untuk patung dengan karakter yang positif, sebaiknya diletakkan di posisi yang baik, seperti ”Hawa Hidup”, ”Tempat Kedudukan” dan ”Pengobatan Langit”, agar supaya energi baiknya bisa semakin bertambah. Tapi, jangan sekali-kali meletakkan patung pada arah diagonal dari pintu, karena akan menghambat energi baik yang akan memasuki rumah.
Unsur Logam dan Unsur Tanah
Bahan yang dipergunakan untuk membuat patung, biasanya dominan Unsur Logam dan Unsur Tanah. Dan, patung yang dipajang pada area taman halaman akan lebih bermakna apabila bahannya diselaraskan dengan Kua.
Apabila ingin memperkuat Unsur Tanah pada rumah Anda, sebaiknya pilihlah patung dengan bahan tanah liat atau batu. Patung dari tanah liat juga bisa dipakai untuk mengurangi Unsur Api yang berlebihan. Sedangkan apabila ingin memperkuat Unsur Logam, maka patung dengan bahan dasar tembaga, aluminium, atau bahkan besi bisa menjadi sebuah pilihan.
Bentuk patung Naga, misalnya, sangat identik dengan Unsur Tanah, sementara bentuk Ayam, lebih mengarah pada Unsur Logam. Kombinasi antara bahan, bentuk dan warna dapat diatur sesuai dengan keinginan. Begitu juga dengan ukurannya, sebaiknya proporsional dengan ukuran taman yang ditempatinya, supaya tidak mengurangi sisi keindahan dan artistiknya.
Karena itu, kalau taman halaman rumah Anda ingin dilengkapi dengan patung, maka sebaiknya sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda, agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Termasuk apabila Anda akan memilih patung-patung abstrak karya para seniman. Selain Anda harus memperhatikan bahan dasarnya, cermati pula bentuk atau desainnya agar supaya sesuai dengan Unsur pribadi Anda. Yang bentuk atau penampilan keseluruhannya bergelombang adalah Unsur Air, yang persegi empat adalah Unsur Tanah, yang persegi panjang adalah Unsur Kayu, yang bulat Unsur Logam, dan yang runcing atau segi tiga adalah Unsur Api.

Halaman 1 dari 17