Metro Raya

Malang Post


Metro Raya

Berita terbaru dan terlengkap Kabupaten Malang dan sekitarnya

Pedagang Jujur, Pembeli Terlindungi


Satu-Satunya Kabupaten yang Punya Metrologi Legal

MALANG - Pemkab Malang, menjadi satu-satunya pemerintah kabupaten di Indonesia, yang memiliki UPTD Metrologi Legal. Keberadaan UPTD berlokasi di Desa Karangduren, Pakisaji, itupun merupakan satu dari tiga yang dimiliki republik ini. Dua lainnya berada di Surabaya, dan Batam.
Bupati Malang, Rendra Kresna sendiri sangat mengapresiasi  keberadan UPTD Metrologi Legal, yang dia resmikan pada tahun 2014 itu. “ Peralatan dan Sumber Daya Manusianya, sudah tersedia cukup memadai, sehingga bisa memberikan layanan kepada masyarakat secara optimal,’’ ujar Rendra Kresna kepada Malang Post, kemarin.

Pengoperasian UPTD yang secara khusus memeriksa timbangan atau alat takar milik para pedagang itu, tak lain untuk memberikan perlindungan konsumen agar mendapat takaran pas dari barang yang dibelinya.
“ Lebih dari itu juga melatih pedagang untuk jujur, dengan menjual barang sesuai takaran yang dibeli konsumen,” jelas Bung Rendra, sapaan akrabnya.
Berdirinya kantor ini, tidak semata-mata untuk mengejar pendapatan asli daerah (PAD), melainkan lebih fokus pada pelayanan kepada masyarakat. Bupati pun memberikan apresiasi besar kepada Disperindagsar, yang memiliki inisiatif mendirikan UPTD itu.
  “Sebelumnya, tera ulang dilakukan oleh Badan Metrologi milik provinsi. Dengan memiliki kantor yang baru ini, kami berharap bisa dimaksimalkan dengan baik,” harap Rendra.
Melalui UPTD tersebut, dia berharap sudah tidak ada lagi pedagang yang nipu konsumen dengan modus mengurangi takaran, maupun memanipulasi timbangan dengan memberikan alat pemberat.
“ Bila ada pedagang yang kedapatan berbuat curang, maka bisa ditindak, karena aturannya juga sudah jelas,” tegas Rendra.
Kepala Disperindagsar Kabupaten Malang, Helijanti Koentari mengatakan, keberadaan UPTD Metrologil Legal tersebut, merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan.
“Tentu Kabupaten Malang patut bersyukur, bisa membangun UPTD Metrologi Legal ini. Karena segala bentuk kegiatan pengukuran maupun tera ulang, bisa dilakukan secara mandiri tanpa harus minta bantuan ke provinsi. Ini sesuai visi misi bupati, yakni Madep, Manteb, Manetep,” ungkap dia.(big/lyo)

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL