Metro Raya

Malang Post

loading...

Pasar Lebaran Kalipare Luar Biasa

LIHAT : Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna melihat berbagai produk yang dijual di Pasar Lebaran, Pendopo Kecamatan, Kalipare, akhir pekan kemarin. (BINAR GUMILANG/MALANG POST)


MALANG - Geliat Pasar Lebaran yang diselenggarakan Sabtu (24/6) hingga Minggu (25/6) di Pendopo Kecamatan Kalipare benar-benar luar biasa. Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (Disperindagsar) Kabupaten Malang mencatat perputaran uang di acara itu, lebih dari Rp 8 miliar.
Ini menandakan masyarakat sangat antusias dalam kegiatan yang rutin diadakan tiap tahun jelang Lebaran ini. Masyarakat Kecamatan Kalipare dan sekitarnya, menyerbu stand-stand yang ada di Pasar Lebaran tersebut.
Selain itu, masyarakat juga memborong kebutuhan pokok maupun kebutuhan lainnya jelang Lebaran.  Kepala Disperindagsar Kabupaten Malang, Ir. Helijanti Koentari mengatakan, perputaran uang sebesar itu, memberikan keberkahan sendiri.
“Terutama bagi pedagang dan pelaku UMKM yang turut terlibat dalam Pasar Lebaran. Kami memang melibatkan mereka karena kami berkewajiban memberikan kesempatan untuk pedagang maupun pelaku UMKM,” ujarnya kepada Malang Post.
Dijelaskannya, Disperindagsar juga peduli terhadap pedagang dan pelaku UMKM unggulan di Kabupaten Malang. Ajang ini, ungkapnya, juga menjadi tempat untuk mempromosikan produk-produk unggulan tersebut sekaligus menggeliatkan perdagangan di Kabupaten Malang.
“Pada setiap penyelenggaraan Pasar Lebaran, kami selalu melibatkan pedagang dan Pelaku UMKM,” papar perempuan berkacamata ini. Dijelaskannya, perputaran uang tersebut perpaduan dari penjualan komoditi pokok dan produk UMKM saja mencapai Rp 5 miliar.
Menurutnya, penjualan yang paling tinggi ada pada beras, kemudian disusul dengan gula dan minyak goreng. “Memang sasarannya pada Pasar Lebaran ini, untuk penjualan sembako murah. Kemudian ditunjang dengan aneka kebutuhan Lebaran lainnya,” ungkap dia.
Sementara untuk penukaran uang baru, pihaknya melibatkan dunia perbankan. “Antusiasme masyarakat untuk menukarkan uang baru juga sangat tinggi. Nyatanya, jumlah yang ditukar mencapar Rp 3 miliar,” tegas Helijanti. (big/mar) 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL