Malang Post

Metro Raya


Dorong Gerakan Semesta Pendidikan

Share
MALANG – Kemajuan Bangsa Indonesia, karena kualitas manusianya. Manusia yang terdidik dan tercerahkan akan menjadi aset sekaligus kunci untuk kemajuan bangsa ini. Karenanya untuk mewujudkan itu, semua elemen masyarakat diajak untuk ikut terlibat serta bahu membahu memajukan dunia pendidikan.
Pernyataan tersebut, seperti yang disampaikan Bupati Malang H Rendra Kresna, saat membacakan amanah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan, saat upacara Hari Pendidikan Nasional, di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, kemarin pagi.
“Pendidikan jangan hanya dianggap sebagai tugas pemerintah dan negara saja. Tetapi permasalahan tersebut adalah tugas masyarakat dan rakyat Indonesia. Sehingga diharapkan semua pihak bisa bahu membahu memajukan dunia pendidikan di manapun itu berada,” terang Rendra Kresna.
Menurutnya, pendidikan tidak bisa dipandang sebagai sebuah program semata. Harus mengajak semua elemen masyarakat untuk terlibat mendorong pendidikan, menjadi gerakan semesta. Yaitu gerakan yang melibatkan seluruh elemen bangsa, masyara merasa memiliki, pemerintah memfasilitasi, dunia bisnis peduli, ormas atau LSI mengorganisasi.
“Gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter Pancasila adalah, sebuah ikhtiar mengembalikan kesadaran tentang pentingnya karakter Pancasila dalam pendidikan kita,” terangnya.
Tujuannya untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Sementara itu, upacara Hardiknas di Stadion Kanjuruhan Kepanjen kemarin, melibatkan ribuan guru dan siswa SMA dan SMP se-Kabupaten Malang. Termasuk juga dihadiri beberapa pejabat seperti kepala SKPD, Camat serta anggota DPRD Kabupaten Malang.
Sebelum penutupan Hardiknas dengan pelapasan puluhan balon ke udara, Rendra memberikan piagam dan trophy kepada kepala sekolah, guru serta siswa berprestasi. Diantaranya, untuk Kasek prestasi kategori SD adalah Qurrotu A’yun dari SD Islam Bani Hasyim Singosari. Kasek prestasi kategori Taman Kanak-kanan, Alin Wahyu Wulandari dari TK Muslimat NU 08 Roudlotul Jannah Sumberpucung.
Guru prestasi kategori SMA, M Agung Santoso dari SMAN 1 Tumpang. Guru Prestasi kategori SMP, Davit Harijono dari SMPN 1 Gondanglegi. Guru prestasi kategori SD, Ari Alfianah dari SDN Kepuharjo 2 Karangploso. Guru prestasi kategori Taman Kanak-kanak, Tri Jamiatun dari TK Aisyiyah Bustanul Atfal Kepanjen.
Sedangkan untuk siswa, kategori Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Provinsi di olahraga pencak silat, Ayu Dwi Agustina dan Risman Dwi Kurniawan dari SMAN 1 Turen. Untuk Olimpiade Sains Nasional (OSN), Matematika adalah Fadhulrahman Yusuf F dari SMAN 1 Kepanjen. Fisika adalah Fither Briano Senobroto dari SMAN 1 Kepanjen, serta prestasi lainnya.  (agp/aim)
comments

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL