Malang Post

Gubah Malang Pancen Rame Jadi Malang Pancen Madep Manteb

Share
Tahu tempe Gedog panggonane
Bakso es gunung terkenal pancen enake
Nyami’ane keripik singkong sak nyamlenge
Aremania wes kondang sepakbolae
Koncho kabeh kowe podho tak critani
Madep manteb programe bapak bupati
Ngajak rakyat supoyo urip mandiri
Bapak bupati neng rakyat nyoto perduli

Itulah sepanggal bait lagu Malang Pancen Madep Manteb yang digubah dari lagi Malang Pancen Rame ciptaan seniman musik asal Dampit, Efri Hendika Kurniawan. Visi misi Madep Manteb Pemkab Malang yang dipimpin H. Rendra Kresna menjadi inspirasi bagi seniman musik asal Dampit, Efri Hendika Kurniawan untuk dituangkan dalam bait-bait syair yang Indah. Lagu ciptaannya yang sudah banyak dikenal masyarakat, Malang Pancen Rame diubah menjadi Malang Pancen Madep Manteb.
Lagu Malang Pancen Rame pernah menjadi hits di Malang raya dan beberapa daerah lainnya. Lagu Malang Pancen Rame itu sudah banyak dibuat banyak versi, mulai dari keroncong dangut, koplo sampai dengan tayub. Meski lagu itu sudah popular, tapi penciptanya, Evri yang mengalami kebutaan sejak lahir tidak mendapatkan keuntungan dari penjualan CD dan pita kasetnya yang banyak beredar di masyarakat.
Lirik lagu Malang Pancen Rame menceritakan tentang keindahan dan keramaian Malang raya, mulai dari keramaian alun-alun, keindahan pantai, makanan khas sampai dengan Aremania semuanya disampaikan dalam lirik yang mudah diingat itu.
Meski menuliskan keindahan segala potensi wisata di Malang raya, ternyata sang pencipta dan penyanyi lagu itu belum pernah menikmati keindahan Malang raya yang sesungguhnya. Evri Hendika Kurniawan, pria kelahiran Dampit, 13 April 1973 itu sudah mengalami kebutaan sejak lahir. Kedua matanya tidak dapat melihat, keindahan suasana Malang raya dirasakan dengan hatinya yang tajam. Meski tidak dapat melihat dengan kedua matanya secara lahiriah, tapi bapak tiga orang anak itu mampu merasakan suasana itu dengan hati.
Mata hatinya yang tajam juga mengubah lirik lagu itu menjadi Malang Pancen Madep Manteb yang menjadi visi misi Kabupaten Malang yakni, Mandiri, Agamis, Demokratis, Produktif, Maju, Aman, tertib dan Berdaya Saing (Madep Manteb). Ketajaman mata hatinya itu dia mengeksplore banyak keindahan dan potensi yang dimiliki Kabupaten Malang mulai dari wisata, kuliner sampai tempat-tempat indah di Kabupaten Malang. Kalau dalam Malang Pancen Rame banyak melukiskan keindahan Malang Raya, di Malang Pancen Madep Manteb mengeksplore potensi Kabupaten Malang.
 “Pak bupati meminta saya untuk mengubah lagu Malang Pancen Rame menjadi Malang Pancen Madep Manteb. Syairnya disesuaikan dengan unggulan dan potensi Kabupaten Malang,” terang.
Hasil gubahannya itu sudah disampaikan kepada Bupati Malang Rendra Kresna. Harapannya, lagu ciptaannya itu bisa juga diterima masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Malang yang daerahnya memiliki visi misi Madep Manteb.
Rencananya, lagu Malang Pancen Madep Manteb akan dijadikan musik senam yang akan dilakukan Ketua TP PKK Kabupaten Malang, Jajuk Rendra Kresna. (stenly/muhaimin)
comments

This content has been locked. You can no longer post any comment.