Malang Post

Panwaslu Tagih Tim Kampanye

Share
MALANG – Pantia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Malang terus mengingatkan partai politik agar segera menyerahkan daftar tim kampanye. Peringatan itu diberikan kepada para parpol karena saksinya cukup berat, yakni bisa berupa dianulir dari kepesertaan pemilu. Panwaslu mencatat baru satu partai politik peserta pemilu yang sudah menyerahkan berkas tim kampanye.
Anggota Panwaslu Kabupaten Malang, George da Silva mengatakan, satu-satunya partai yang dimaksud Partai Golkar. Ketetapan peraturan untuk melakukan penyerahan berkas tim kampanye Parpol peserta Pileg ini merujuk pada peraturan KPU nomor 18 tahun 2012 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD Provinsi, kabupaten/kota.
‘’Para parpol peserta pemilu wajib menyerahkan berkas yang salah satunya berkas tim kampanye. Kecuali Partai Golkar, sembilan parpol peserta pemilu lainnya di Kabupaten Malang belum menyerahkannya,” katanya saat ditemui di Pendopo Agung Kabupaten Malang, kemarin.
George berharap, sembilan parpol ini secepatnya menyusul Partai Golkar dengan menyerahkan seluruh berkasnya ke Panwaslu. Sembilan parpol ini meliputi Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera, PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Hanura. 
Ketentuan penyerahan berkas tim kampanye Parpol ini dilalui Parpol dengan menyerahkan terlebih dahulu pemberkasan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang. Salinan berkas yang dilampirkan kemudian diserahkan ke Panwaslu. Jika tidak juga menyerahkan berkas tim kampanye ke Panwaslu, parpol ini berpeluang tidak bisa melaksanakan kampanye ke masyarakat.
‘’Kami punya keputusan untuk melarang parpol berkampanye jika kedapatan tidak memenuhi persyaratan seperti tidak menyarahkan berkas tim kampanye,” tegas George. (poy/aim)

comments

This content has been locked. You can no longer post any comment.