Malang Post

Kostum Daur Ulang Warnai Karnaval Wajak

Share
WAJAK- Dari ratusan regu peserta karnaval memperingati HUT ke-68 Kemerdekaan RI di Kecamatan Wajak kemarin, ada salah satu regu yang menyedot perhatian warga. Mereka yakni Himpunan Pemuda Pelajar Elor Pasar (HPP Elpas) Wajak yang menampilkan drumband dengan menggunakan kostum daur ulang. Dalam karnaval tersebut, mereka menggunakan kostum daur ulang dengan tema era Romawi dan Jawa. Menurut Irwahyudi, Pembina HPP Elpas Wajak, penggabungan kostum Romawi dan Jawa, sesuai dengan keinginan serta kreatifitas para anak didiknya, yang kemudian ditampilkan dalam karnaval akbar se Kecamatan Wajak.
“Hal ini merupakan alkuturasi dua budaya yang berbeda. Namun dapat dipastikan tidak akan mengurangi makna dari peringatan HUT ke-68 Kemerdekaan RI,“ ujarnya kepada Malang Post kemarin. Dikatakannya, semua kostum yang dipakai oleh anak didiknya dalam karnaval tersebut, murni kreatifitas buatan mereka sendiri. Bahan pembuat kostum tersebut, lanjut dia, didapatkan dari bahan bekas yang tidak terpakai kemudian didaur ulang. “Semua kostum ini, tidak menyewa. Mereka membuat sendiri, dalam waktu lima hari sebelum dimulainya karnaval. Sehingga kostum ini nantinya masih bisa dipakai lagi,“ bebernya.
Kreatifitas yang ditunjukan HPP Elpas, juga diapresiasi oleh Muspika Wajak dan Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Malang,  M. Nor Mukhlas, yang juga dari Wajak. Mukhlas mengatakan, apa yang ditunjukan oleh HPP Elpas Wajak, sudah seharusnya ditiru oleh kelompok pemuda, karang taruna, para pelajar dan pemuda lainnya. “Selama ini, kegiatan yang mereka lakukan sangat positif. Salah satunya seperti yang ditunjukan dalam kegiatan karnaval ini,“ ujar M. Nor Mukhlas. Dia juga berpesan, agar kelompok pemuda dan pelajar yang beranggotakan 100 orang lebih tersebut, agar selalu eksis, terus berprestasi dan menampilkan yang terbaik.
Sedangkan dalam karnaval tersebut, diikuti oleh seluruh desa yang ada di Kecamatan Wajak dengan ratusan regu peserta. Selain itu, ribuan warga sekitar juga memadati pinggiran jalan untuk menyaksikan parade karnaval. “Alhamdulillah, antusiasme warga sangat tinggi dalam karnaval kali ini. Hal itu terjadi, lantaran espektasi masyarakat, dengan nuansa baru, Pak Camat juga baru, terlebih masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri,” cetus kata Ketua Panitia Karnaval Wajak, Hendro Yulianto. (big/mar/sir)
comments

This content has been locked. You can no longer post any comment.