Malang Post

Semarak Gumebyar Bhumi Kanjuruhan

Share
Pesta rakyat bertajuk Gemebyar Bumi Kanjuruhan dalam peringatan Hari Jadi ke-1253 Kabupaten Malang, ditutup dengan panggung musik yang menghadirkan band papan atas D’Bagindas. Grup band ini tampil Minggu malam kemarin, bersama penyanyi dangdut yang populer dengan lagu berjudul ‘Berondong Tua, yakni Siti Badriyah.
Sebelum dua artis ibu kota ini tampil, paginya dilaksanakan gerak jalan sehat serta panggang sate kelinci terbanyak yang berhasil memecahkan Museum Rekor – Dunia Indonesia (MURI). Event bakar sate sepanjang 1253 meter dengan peserta 1253 orang, serta jumlah sate 50.230 tusuk ini, tidak hanya sekadar untuk mendapat penghragaan MURI. Tetapi lebih untuk mengenalkan daging kelinci kepada masyarakat.
“Selama ini, masyarakat masih banyak yang belum tahu bahwa daging kelinci banyak sekali manfaatnya dibandingkan dengan daging sapi. Dalam rangka ketahanan pangan, maka di event panggang sate kelinci, supaya masyarakat mengetahui kalau daging kelinci bisa sebagai pengganti daging sapi yang harganya mulai mahal,” terang Bupati Malang, H Rendra Kresna.
Dilanjutkan Rendra, daging kelinci tidak kalah dengan daging lainnya. Bahkan memiliki nilai ekonomis dan kesehatan. “Orang habis sakit bisa lebih cepat pulih, jika diberi makan dengan daging kelinci. Oleh karena itulah, nantinya saya akan meminta Dinas Peternakan untuk memberikan bantuan kelinci secara cuma-cuma kepada peternak kelinci untuk dikembangbiakkan,” paparnya.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang, Purnadi, yang juga ketua pelaksana kegiatan mengatakan bahwa event ini untuk lebih memperkenalkan daging kelinci kepada masyarakat. Pasalnya selama ini, stabilitas masyarakat mengkonsumsi daging kelinci masih rendah. Karena menganggap bahwa kelinci merupakan hewan kesayangan dan lucu.
“Tetapi setelah event bakar sate kelinci ini, masyarakat bisa lebih memahami. Tidak hanya sekedar beternak, tetapi diharapkan bisa mempopulasikan keberadaan kelinci,” ujar Purnadi.
Purnadi mengatakan, bahwa daging kelinci banyak sekali kandungan senyawa yang banyak manfaat untuk kesehatan. Diantaranya daging kelinci dapat dijadikan makanan alternative untuk menurunkan kolesterol. Daging kelinci dapat dijadikan alternative makanan untuk orang memiliki penyakit jantung. Dapat dijadikan alternative makanan untuk diet. Menjaga stamina tubuh, meninkatkan kesuburan, dapat mengobati asma serta dapat mengobati kemandulan.(agp/aim)
comments

This content has been locked. You can no longer post any comment.