Mohon Ma'af, website sedang perbaikan.
Dapatkan Update Berita Terbaru di :
        www.malangpost.net

Fantastis! Tembus Rp 1,096 Triliun


MALANG RAYA - Wisatawan di Malang Raya membeludak saat pergantian tahun lalu. Namun sebenarnya, ‘masa panen’ terjadi sejak Sabtu (17/12/16), ketika libur sekolah dimulai dan berakhir kemarin (2/1/17). Praktis, ada 17 hari yang masuk dalam peak season. Penghitungan kasar Malang Post, transaksi bisnis selama masa tersebut menembus Rp 1,096 triliun. Fantastis!.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Sinal Abidin, rata-rata kunjungan selama libur panjang akhir tahun kemarin mencapai 50 ribu orang per hari. Khusus 24, 25 dan 31 Desember, pengunjung di Kota Batu naik dua kali lipat sampai 100 ribu. Luar biasa! Itu berarti ada 1 juta wisatawan yang melakukan eksplorasi di kota tersebut. Bila masing-masing membelanjakan Rp 600 ribu per hari sesuai hasil survei PHRI Kota Batu, maka belanja pengunjung selama masa libur di kota apel itu mencapai Rp 600 miliar.
“Indikator untuk mendapatkan angka pengunjung kami lihat dari tingkat hunian hotel dan akumulasi jumlah tiket wisata di Kota Batu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PHRI Kota Malang Dwi Cahyono memperkiraan, wisatawan di Kota Malang dapat menghabiskan dana Rp 600 ribu untuk biaya masuk ke tempat wisata dan kuliner, belum termasuk biaya penginapan. “Jika ditambah biaya penginapan, kami masih dalam proses untuk menghitung jumlahnya,” ungkapnya.
Jika wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang selama Desember mencapai 375 ribu seperti diberitakan Malang Post sebelumnya, dan diprediksikan 70 persen dari jumlah tersebut berkunjung saat peak season, maka diperoleh jumlah 262.500 orang. Berdasarkan perkiraan belanja yang disampaikan Dwi Cahyono, transaksi mereka di Kota Malang mencapai Rp 157,500 miliar. Nominal ini bisa dikatakan berada di batas bawah, sebab rate paling murah hotel berbintang di Kota Malang selama peak season sebesar Rp 1 juta, padahal tidak sedikit yang mematok di atas itu. Shalimar Hotel misalnya, membandrol kamar termahalnya dengan Rp 3,4 juta per malam dan Harris Hotel and Convention Rp 5 juta.

Please publish modules in offcanvas position.