Mohon Ma'af, website sedang perbaikan.
Dapatkan Update Berita Terbaru di :
        www.malangpost.net

Sehari Rp 60 Miliar , Belanja Wisatawan di Kota Batu


MALANG RAYA  –  Kota Batu masih menjadi surga wisata. Sekitar 100 ribu wisawatan tercatat merayakan pergantian tahun 2016-2017 di kota ini. Mereka pun menjadi turis loyal yang tak berpikir panjang saat mengeluarkan uang. Dalam sehari, masing-masing orang diperkirakan membelanjakan Rp 600 ribu, yang berarti transaksi di Batu mencapai Rp 60 miliar per hari.
Jumlah wisatawan tersebut diperoleh dari data di Dinas Pariwisata Kota Batu. Dihitung dari tiket masuk tempat pariwisata, penginapan di hotel maupun villa.  Angka ini, menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Sinal Abidin meningkat dibandingkan periode yang sama dari 2015. “Pergantian tahun ke 2016, jumlah wisatawan yang datang sekitar 80 ribuan. Tahun ini ada peningkatan jumlah sampai 100 ribuan,’’ kata Sinal.

Dia mengatakan, jumlah total keseluruhan kamar hotel di Batu sebanyak 5.758, sedangkan villa atau penginapan lainnya mencapai ribuan. “Tim kami sudah keliling, seluruh hotel di Kota Batu full selama 30 dan 31 Desember. Villa atau  penginapan lain juga demikian. Okupansi penuh ini terjadi sejak dua pekan liburan,’’ tambahnya. Belum lagi, menurut Sinal, wisatawan yang hanya datang sehari tanpa menginap, jumlahnya juga sangat banyak.
Sementara itu, angka belanja Rp 600 ribu per wisatawan per hari merupakan hasil survei yang dilakukan Persatuan Hotel Restauran Indonesia (PHRI) Kota Batu. Menurut Wakil Ketua PHRI Kota Batu Titik S Arianto, angka itu dikeluarkan untuk tiket masuk tempat wisata, kuliner, biaya menginap dan belanja oleh-oleh.  “Jadi, kalau wisatawan mencapai 100 ribu, ya belanjanya Rp 60 miliar.  Itu pun belum termasuk biaya untuk BBM dan tambahan lainnya,” ujar Titik.

Titik menambahkan, ada peningkatan jumlah wisatawan di Kota Batu saat perayaan akhir tahun ini. “Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya ada peningkatan sekitar 15 persen. Hanya saja untuk jumlah riil, kami masih menunggu dari rekan-rekan anggota PHRI,’’ ucapnya.
Tingginya jumlah wisatawan juga terasa di Kabupaten Malang yang memiliki lebih banyak wisata bahari. Puluhan ribu orang memadati semua pantai termasuk Pantai Balekambang. Malang Post yang Sabtu (31/12/16) sengaja pergi ke Tanah Lot-nya Kabupaten Malang itu, mulai merasakan  kepadatan kendaraan ketika masuk Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. Dua kilometer mendekati jurang mayit, sudah terjadi kemacetan total. Walhasil, kendaraan wisatawan yang ingin menuju pantai yang dikelola PD Jasa Yasa Kabupaten Malang tersebut, harus bersabar.

Please publish modules in offcanvas position.