Malang Post

Menpora Cup Digelar 20 September

Share
MALANG–Arema Indonesia tampaknya tidak akan bisa terlalu bersantai-santai usai mengakhiri kompetisi ISL 2012/2013 pertengahan September nanti. Sebab, tim berjuluk Singo Edan itu sudah dinantikan oleh turnamen pra musim Menpora Cup 2013. Menpora Cup dipastikan bakal mulai tanggal 20 September 2013 mendatang.
Hal ini dibenarkan oleh Wakil Ketua Panitia Menpora Cup 2013, Johannes Sugianto ketika dikonfirmasi Malang Post kemarin.
“Menpora Cup bergeser karena ada Pilgub Jatim dan penundaan kemarin. Tapi, sekarang kita bisa pastikan kalau Menpora Cup dihelat mulai 20-28 September 2013,” terang Johannes.
Menpora Cup bakal dihelat di dua kota. Grup A bakal dituanrumahi Persib Bandung, dengan anggota grup Sriwijaya FC, Central Coast Mariners dan timnas U-23 Malaysia. Sementara, Arema jadi tuan rumah di grup B, dengan anggota grup Mitra Kukar, Persepam Madura United dan Loyola Merako Sparks tim dari Filipina.
“Rencananya besok (hari ini.Red) akan ada pressconference di Jakarta terkait pelaksanaan Menpora Cup 2013. Kemenpora Roy Suryo juga akan hadir dalam preskon demi menerangkan maksud dan tujuan dari penyelenggaraan Menpora Cup 2013,” ungkap Johannes.
Menpora Cup digelar demi memberi kesempatan bagi klub-klub ISL untuk menjajal atmosfer pertandingan dengan tim luar negeri. Karena itu, tiga tim asing yakni Central Coast Mariners (Juara A League), Loyola Merako Sparks (Filipina) dan timnas U-23 Malaysia bakal bergabung dalam Menpora Cup. Hal ini bisa meningkatkan prestise kompetisi, sekaligus memberi pengalaman berharga, merasakan langsung seberapa besar perbedaan level antara klub Indonesia dan klub luar negeri.
Turnamen ini menggunakan sistem juara grup. Siapapun tim yang berhasil meraih poin terbanyak dan keluar sebagai juara grup, bakal langsung bertemu di partai final Menpora Cup 2013. Final rencananya digelar di Malang. Menurut Johannes, hadiah yang diperebutkan juga cukup menggiurkan. “Ada hadiah total Rp 1 miliar bagi tim juara,” ungkapnya.
Rencananya, televisi pemegang hak siar Menpora Cup adalah MNC grup, yakni Global TV, MNC TV dan RCTI.(fin/jon)
comments

This content has been locked. You can no longer post any comment.