100 Penari Sambut 12.262 Maba UB


MALANG -100 penari akan mewarnai pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2Maba), Universitas Brawijaya (UB), Rabu (30/8/16). Para penari berasal dari anggota Unit Aktivitas Karawitan dan Tari (Unitantri) akan menyambut 12.262 maba 2016.
Wakil Rektor III UB, bidang kemahasiwaan, Prof. Dr. Ir. Arief Prajitno, MS mengatakan, para penari akan melakukan tarian kolosal yang disebar di beberapa penjuru lokasi upacara, sehingga seluruh mahasiswa baru dapat menyaksikan pertunjukan tari dari kakak kelas mereka.
Selain itu, dalam penampilan tersebut, anggota Unitantri juga akan menunjukkan bakat lain dari mereka yakni reog Ponorogo, yang dihadirkan lengkap dengan penari Jathil, Warok, Barongan dan Bujang Ganong.
Arif mengatakan, seni budaya tradisional ini sengaja ditampilkan dalam PK2Maba untuk menunjukkan kepada mahasiswa baru, sekaligus mengajak mereka untuk bangga dan cinta terhadap budaya Indonesia.
“Tahun ini kami mengusung tema bangga Brawijaya, untuk menunjukkan potensi dan bakat yang dimiliki mahasiswa UB, semoga bisa menumbuhkan rasa bangga pada maba ketika menjadi bagian dari UB,” tukasnya.
Setelah rangkaian sambutan dan upacara usai, para peserta akan masuk ke empat gedung sesuai dengan pembagian cluster masing-masing. Dalam gedung tersebut, para mahasiswa baru akan mendapat materi dari alumni UB yang telah sukses dan menginspirasi, seperti Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaifullah, Dirjen Otonomi Daeran Prof Erani, dan mantan ketua Mahkamah Konstitusi dan Gamal Albinsaid. (nia/oci)