17 Mahasiswa Asing Belajar Budaya di UMM


MALANG - Warga negara asing pun ternyata bisa menjadi salah satu duta Indonesia. Sebanyak 17 mahasiswa asing dari berbagai macam negara mendapat sambutan hangat di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Sabtu (3/9). Selama satu tahun, mereka akan mempelajari budaya dan bahasa Indonesia.
Kepala Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), kantor internasional UMM, Dr. Arief Budi Wurianto, MSi mengatakan, para mahasiswa asing tersebut bisa menjadi duta Indonesia di negara-negara masing-masing.
Pasalnya, selama satu tahun mereka akan diperkenalkan berbagai macam hal tentang Indonesia, mulai dari budaya, bahasa, ciri khas dan keunikan pariwisata lainnya. Arief berharap, setelah kembali ke negara masing-masing, mereka dapat menceritakan apa yang telah didapat kepada dunia.
Arief mengatakan, ini adalah salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan citra Indonesia di negara lain, melalui program Darmasiswa. Darmasiswa adalah program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia ke seluruh mahasiswa di penjuru dunia, untuk belajar bahasa Indonesia.
“Program ini di handle empat kementerian, Kemendikbud, Kementrian Hukum dan HAM, Sekertaris Negara dan Kemenlu,” terangnya.