LPPSDM Unisma Gelar Pembekalan Calon Alumni

MALANG - Pusat Karir LPPSDM Universitas Islam (Unisma) Malang menggelar Pembekalan Calon Alumni, Jum’at (5/10) hari ini. Agenda ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setahun dua kali.
Ketua LPPSDM Unisma, Dr. Hj. Dyah Werdiningsih, M.Pd, menuturkan pada kegiatan ini diagendakan tiga hal, yakni penyiapan tracer study atau studi pelacakan jejak lulusan/alumni, sosialisasi program BKK, dan workshop kewirausahaan.
“Penyiapan tracer study ini diperlukan untuk memberikan pemahaman pentingnya kegiatan ini, karena itu dibutuhkan bantuan kerjasama alumnus dalam pelaksanaannya setelah 2 tahun mereka lulus nanti,” ungkapnya.
Lebih jauh wanita ramah ini menuturkan tahun ini Pusat Karir LPPSDM Unisma memperkenalkan tracer study online. Unisma tengah melaksanakan kegiatan ini untuk alumni tahun 2010 melalui program hibah tracer study proyek IM-HERE 2012. Karena itulah pada 22-26/10 mendatang, Pusat Karir LPPSDM Unisma turut berpartisipasi sebagai presenter dalam kegiatan International Conference di Bali bertajuk Experiences with Link and Match in Higher Education. Konferensi ini berskala internasional dan baru kali pertama di Indonesia. Pesertanya adalah 500 orang pimpinan universitas dan institusi pusat karir serta peneliti tracer study dari dalam dan luar negeri.
Selain itu lanjutnya LPPSDM juga menggelar sosialisasi Bursa Kerja Khusus (BKK) agar alumnus mendapatkan informasi lowongan kerja dan melakukan aplikasi kerja.
Workshop kewirauhaan juga dilaksanakan untuk memotivasi dan mengembangkan wawasan bagi calon alumni yang akan segera memasuki dunia nyata. Kegiatan ini dilakukan juga untuk membekali calon alumni kiat-kiat memasuki dunia wirausaha, strategi memulai wirausaha, manajemen wirausaha, semangat dari wirausaha, keterampilan yang harus dimiliki, membangun teamwork yang baik, dan bagaimana memulai bisnis di kalangan pemula.
Selain itu agenda lainnya adalah pameran bursa kerja, Kegiatan rekrutmen kampus, Pelatihan, Media Pusat Karir, Pemagangan, dan Konseling Karir. Perancangan dan pengimplementasian berbagai program tersebut merupakan bukti komintmen Unisma dalam memecahkan masalah pembangunan ketenagakerjaan dan penanggulangan pengangguran. Hal ini merupakan upaya untuk memberikan jawaban atas empat pokok permasalah yang mempengaruhi usaha peningkatan penempatan tenaga kerja, yaitu kesempatan kerja yang terbatas, rendahnya kualitas angkatan kerja, besarnya pengangguran, dan globalisasi arus jasa.
Pelaksanaan program-program tersebut merupakan bukti nyata bahwa Unisma memperhatikan lulusannya yang akan memasuki dunia kerja. Pusat Karir LPPSDM Unisma ingin membuktikan diri untuk dapat menjadi pionir, kreator, dan inovator kegiatan yang meneliti dan menjembatani hubungan antara dunia pendidikan dan dunia kerja. Di samping itu, dapat menjadi wadah pengembangan kualitas SDM bagi para lulusan untuk menjadi tenaga kerja yang kompeten dan siap pakai.(oci/sir/eno)