Lolos ke Universitas King Abdul Aziz

MALANG - Ada yang istimewa dalam agenda wisuda Universitas Islam (Unisma) Malang hari ini. Sebab empat mahasiswa Unisma yang diwisuda lolos program beasiswa S2 di Universitas King Abdul Aziz Arab Saudi.
“Lulusan terbaik Unisma yang memiliki kemampuan dalam hal bahasa asing mendapatkan kesempatan studi lanjut di Arab Saudi, dan tahun ini ada empat orang yang lolos,” ungkap Pembantu Rektor 3 Unisma, Dr H Masykuri Bakri M.Si kepada Malang Post.
Kerjasama ini lanjutnya baru dalam tahap inisiasi yang dibawa secara personal. Ke depan Unisma secara resmi akan melakukan MoU secara kelembagaan. Syarat penerima beasiswa ini selain memiliki IPK yang bagus juga harus memiliki kemampuan berbahasa asing. Terutama adalah bahasa Inggris dan bahasa Arab.
Lebih jauh Masykuri menuturkan sejumlah kerjasama yang sudah dibangun Unisma di antaranya dengan Capital Medical University of Beijing dalam pendidikan dan penelitian, dengan Hubei University, Wuhan China untuk penelitian obat-obatan herbal dan pertukaran dosen dan mahasiswa, dengan Kedutaan Arab Saudi dalam fasilitasi undangan ibadah haji dan lainnya.
Juga inisiasi MoU dengan Temple University Amerika Serikat bersama Wahid Institute, pengiriman Wakil Unisma (Dr Budi Parmono SH. M.Hum) di New Castle University dan Murdoch University, kerjasama dengan Kedutaan Somalia dan Thailand, inisiasi dengan 12 PT di Amerika Serikat, dipercaya Kemenag RI, dipercaya Kemenakertrans, MoU dengan Kementrian PDT, dan kerjasama dengan Bank BRI.
“Saat ini ada sejumlah mahasiswa asing dari Somalia dan Thailand yang menempuh studi di Unisma pada berbagai jurusan,” bebernya.
Lebih jauh Masykuri menuturkan alumni Unisma telah dibekali kesiapan untuk menjawab tantangan di masyarakat yang didasari Islam Rahmatan Lil Alamin. Serta pendidikan yang dibingkai kebersamaan, kerukunan, jujur dan ikhlas. (oci/sir/eno)