SMAN 10 Jawara Lomba Mading BRAVE 2012

MALANG – Seperti diprediksi sebelumnya, tim mading 1 SMAN 10 Malang berhasil menjadi juara Lomba Mading dalam Brawijawa Agritech Event (BRAVE) 2012 kemarin. Tidak hanya itu, Tim Mading 1 SMAN 10 juga berhasil menyabet juara favorit dalam event yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (BEM-FTP) UB bekerjasama dengan Malang Post di Samantha Krida kemarin.
Keberhasilan SMAN 10 ini menunjukkan dominasi Kota Malang atas kota-kota lain yang juga bersaing ketat menjadi yang terbaik. Seperti tim mading dari Kabupaten Malang, Lumajang, Blitar dan Magetan. Tim Mading 1 SMAN berhasil memikat para juri dengan mengumpulkan point 64.33, juara 2 SMAN 1 Lawang (Smanela) dengan point 61.67 dan juara 3 SMAK Kolese Santo Yusuf dengan point 59.83. Sementara juara favorit kembali direbut tim mading 1 SMAN 10. Ini karena mayoritas pengunjung yang mendatangi Samantha Krida terpikat dan memilih mading yang ternyata bisa dibuka dan ditutup tersebut.
’’Kami sengaja membuat desain yang berbeda dengan yang lainnya. Awalnya memang bentuknya kubus, bangunan rektorat. Tapi setelah dibuka, maka tampaklah hamparan kekayaan kepulauan Indonesia yang masih bisa dieskplorasi. Dan bersamaan dengan dibukanya empat sisi kubus ini, bendera Merah Putih yang menancap di tengah burung Cenderawasih akan naik ke atas. Kami memilih Burung Cenderawasih karena burung ini memang yang terbaik dan terindah di Indonesia,’’ terang tim Mading 1 SMAN 10 kepada Malang Post.
Pantauan Malang Post di lokasi acara, Mading SMAN 10 ini memang unik. Awalnya hanya bangunan kubus bercat hitam dengan kombinasi garis putih. Sekilas tidak ada yang menarik sama sekali. Tapi tunggu dulu, saat tim mulai menjelaskan detailnya, para pengunjung dan tiga juri juga dibuat terkesima. Betapa tidak, bangunan kubus dengan tinggi sekitar 70 cm itu ternyata bisa dibuka. Dan ketika dibuka, tampaklah betapa indahnya Sumber Daya Alam yang dimiliki Indonesia. Ini sesuai dengan tema lomba mading ’’What is Your Idea to Explore Indonesian Natural Resource ?’’.
Tidak hanya itu, Tim mading dari Lumajang juga menampilkan desain yang menarik dengan bumi yang ditopang bambu. SMKN 4 Malang yang menampilkan desain Kedelai berbentuk pak tani, SMAN 1 Lawang yang mengeksplor pohon Kopi Robustas lengkap dengan bijinya. Kapal karam gara-gara terumbu karang yang rusak, Super Tree dari SMAN 10 dan desain tambang yang ditampilkan tim dari Magetan. Sekitar 24 tim memang menunjukkan kreatifitas dan bakat madingnya masing-masing secara total.   
Bersamaan dengan lomba mading ini, panitia juga menggelar seminar nasional ’Keamanan Inovasi Pangan dalam Pengolahan Pertanian di Era Modern’. Hadir sebagai pembicara: Dr. Ir. Roy Sparingga M.App.Sc Deputi Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM dan Ir. Pratiwi Juniarsih Direktur PT Amarta Indah Otsuka. Diskusi pun berlangsung gayeng dan diikuti ratusan mahasiswa.
’’We Brave for Success, seperti motto kami tersebut, saya berharap dengan diadakannya acara ini dapat memotivasi semua orang untuk sukses. Terutama membuka mata kita akan sumber daya pertanian yang masih bertebaran dengan teknologi dan mengeksplor pengetahuan. Semoga BRAVE dapat terus berlanjut dan memberi insipirasi, ilmu yang bermanfaat dan semangat,’’ ujar Vicky Pratama Ketua Pelaksana BRAVE 2012 kepada Malang Post.
’’BRAVE ini merupakan salah satu kegiatan BEM FTP. Harapannya kegiatan ini bisa dijadikan sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan soft skill yang tidak didapat di perkuliahan. Sehingga tidak hanya hard skill saja, tapi juga soft skill yang bisa menunjang kompetensi mahasiswa itu sendiri,’’ tambah M. Mifthakhur R, Presiden BEM FTP UB kemarin.(lim)