Pemprov Jawa Timur Evaluasi The Flame

MALANG - Kemarin (8/9) tim penilai klub olahraga usia dini dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Jawa Timur meninjau klub olahraga The Flame milik Rintisan SD Bertaraf Internasional (BI) Tlogowaru. RSDBI Tlogowaru mewakili kota Malang dalam lomba yang digelar tingkat provinsi itu.
Acara yang dibuka Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan Kota Malang Drs. Sugiharto ini ditandai dengan peniupan peluit secara simbolis. “Pemerintah Kota Malang siap untuk dinilai. Inilah kondisi apa adanya klub olahraga RSDNBI Tlogowaru,” ujarnya.
Selain mengikuti presentasi sekolah, tim juri juga berkeliling meninjau fasilitas olahraga milik RSDBI Tlogowaru. “Penilaian dalam lomba ini adalah administrasi, cabang olahraga, manajemen klub, dan prestasi,” ujar Doni Susanto salah seorang anggota tim penilai. Doni menambahkan, tim juri melihat kesiapan klub dari berbagai aspek termasuk pola pembinaan.
”Klub olahraga usia dini tidak harus memiliki semua fasilitas cabang olahraga, jika belum memiliki bisa menggunakan tempat lain, karena yang terpenting adalah kegiatannya,” ujar pria yang membidangi TK, SD dan Pendidikan Khusus Provinsi Jawa Timur ini.
Sekolah yang mendapat imbas The Flame adalah SDN Buring, SDN Tlogowaru 1, SDN Tlogowaru 2, SDN Wonokoyo 1, dan SDN Wonokoyo 2. Cabang olahraga yang dibina yakni atletik, renang, sepakbola mini, futsal, catur, tenis meja, bulutangkis, bola basket, karate, bolavoli mini, tenis lapangan, pencak silat, bridge, sepak takraw, dan senam.
Total semua siswa yang dibina oleh The Flame adalah 1691 siswa. Kota Malang masuk berada satu kelompok dengan Jember, Lumajang, Probolonggo, dan Gresik. Dari kelompok tersebut juara 1 akan mewakili kelompok dan berkompetisi dengan kelompok lain.
“Kami optimis meskipun untuk prestasi belum ada yang mencapai tingkat nasional.  Terbentuknya klub ini juga terhitung baru,” ujar Dra. Lilik Sulistyowati, M.Si Kepala SDBI Tlogowaru. Perempuan ramah ini menambahkan, The Flame telah mengimbaskan kepada sekolah lain di sekitar SDBI Tlogowaru, sehingga manfaat klub tidak hanya dinikmati oleh satu sekolah saja. sebelumnya Kota Malang pernah tiga kali menjadi juara klub olahraga usia dini yakni SDN Kesatrian I (2005). SDN Percobaan 2 (2009), dan SDN Tunjungsekar 1 (2010) (nin/eno)