Dikbud Datangkan Tung Desem

MALANG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Malang akan menghadirkan motivator bisnis ternama, Tung Desem Waringin. Motivator ternama itu dihadirkan untuk menanamkan mental juara melalui penanaman mindset entrepreneur kepada siswa di Kota Malang 10 Oktober besok. Program bertajuk Save Youth Generation itu digelar Dikbud Kota Malang bekerjasama dengan Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA) Cabang Malang.
”Kegiatan ini adalah kelanjutan dari program sebelumnya pada Desember 2011 lalu bernama Champion Teens,” ungkap Kabid Pendidikan Menengah Dikbud Kota Malang, Suwarjana SE MM kepada Malang Post.
Program pendidikan berwawasan kewirausahaan itu akan dilaksanakan pada 10 Oktober di Balai Pertiwi Universitas Ma Chung. Dengan target peserta sedikitnya 500 siswa SMK kelas 11 atau kelas 12.
Save Youth Generation adalah program pembangunan karakter, menanamkan mindset entrepreneurship dan membangun anak bangsa mempunyai mental juara atau champion. Pelatihan tidak hanya berfokus pada bagaimana menjadi seorang yang sukses, tetapi yang lebih penting adalah membangun karakter mereka.
Melalui materi dan aktivitas atau role game, program ini akan membangun rasa tangung jawa, rasa bersyukur, mental yang tangguh untuk mampu menghadapi segala ketakutan dan kegagalan. Dengan mengikuti program ini para remaja akan dibekali dengan berbagai keterampilan hidup yang sangat penting.
Di antaranya membangun keyakinan dan percaya diri bahwa mereka bisa, sukses dalam bidang apapun yang mereka pilih, membangun mental juara sehingga mereka punya tujuan hidup yang jelas dan punya kekuatan untuk mencapainya, entrepreneurial skills, money management skills dan lainnya. Semua ini ini adalah keterampilan dasar yang sangat dibutuhkan oleh remaja dengan harapan akan mencapai kesuksesan lebih cepat.
Peserta program ini diutamakan adalah siswa dari keluarga tidak mampu atau pra sejahtera. Setelah pelatihan diharapkan bisa merubah mindset atau pola pikir lama kekurangan dengan mindset baru yang berkelimpahan, keterampilanm berkomunikasi dan berwirausaha. Program ini menjadi upaya mengurangi kesenjangan sosial, sehingga terjadi interaksi dan kerjasama yang harmonis antara remaja dan tingkat sosial ekonomi yang mampu dan kurang mampu.
Selain menghadirkan Tung Desem Waringin, pelatihan ini juga menghadirkan Agus Piranhamas Realitor. (oci/sir)