STIE Malangkucecwara Kelola Bidikmisi

MALANG- STIE Malangkucecwara Malang (ABM) ditunjuk sebagai salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) penyelenggara beasiswa bidikmisi. Ada delapan PTS di lingkungan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah 7 yang menerima beasiswa ini.
”Di ABM ada empat mahasiswa program bidikmisi yang berada di jurusan Managemen,” ungkap Pembantu Ketua Bidang Kemahasiswaan ABM, Kadarusman kepada Malang Post.
Jurusan managemen mendapatkan beasiswa bantuan pendidikan untuk mahasiswa karena jurusan ini sudah mendapatkan akreditasi A. Sebab salah satu persyaratan adalah syarat minimal akreditasi lembaga.
Seperti diketahui, beasiswa bidik misi akan diberikan pada 2.000 mahasiswa miskin di PTS sebagai kompensasi kenaikan harga BBM. Pemberian beasiswa bidik misi itu bagi PTS merupakan yang pertama kali dan dianggarkan senilai Rp12 miliar. Jika dibagi, setiap mahasiswa mendapat suntikan dana Rp 6 juta untuk satu semester atau Rp1 juta setiap bulan.
Beasiswa bidik misi digelontorkan oleh pemerintah sebagai upaya memperluas akses sekaligus untuk mendongkrak angka partisipasi kasar (APK).
Bidikmisi di pendidikan tinggi mulai berjalan sejak tiga tahun lalu yang diperuntukan bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sebelumnya beasiswa ini sempat dikabarkan dibatalkan bagi PTS karena harga BBM tidak jadi naik. (oci/eno)