Pemkab Bondowoso Manfaatkan Hasil Penelitian Polinema

MALANG - Potensi hasil penelitian yang dimiliki Politeknik Negeri Malang (Polinema) dilirik Kabupaten Bondowoso. Akhir pekan lalu, Bupati Bondowoso melakukan kerjasama dengan Direktur Polinema menyepakati berbagai pengembangan penelitian melalui pemberdayaan masyarakat.
Menurut Direktur Polinema, Ir Tundung Subali Patma MT, sebagai lembaga akademis Polinema siap membantu Kabupaten Bondowoso dalam hal pemberdayaan masyarakat di segala bidang. Di antaranya bidang pertanian, peternakan, perairan dan pendidikan.
Dalam bidang pertanian misalnya, pemberdayaan yang telah diprogramkan di antaranya pemanfaatan pupuk organik pada lahan subur maupun lahan kritis untuk peningkatan produksi pertanian.
Sedangkan di bidang peternakan akan mengajak masyarakat memproduksi pakan organik. Serta peningkatan budidaya ternak sapi potong dan sapi perah.  “Program ini akan melibatkan Tim Pemberdayaan Masyarakat Polinema,” ucap Tundung.
Ia menegaskan bahwa kerja sama ini tidak akan mebuahkan hasil bila tidak dilakukan secara inisiatif, partisipatif, transparansi dan akuntabilitas di antara dua pihak.
Sementara itu Bupati Bondowoso, Drs H Amin Said mengungkapkan terima kasihnya atas tindaklanjut kerjasama yang sudah dirintis sejak beberapa bulan ini. Menurutnya kerja sama ini sangat berarti bagi Kabupaten Bondowoso untuk membantu pembangunan di daerahnya.
“Kendala yang dihadapi oleh Kabupaten Bondowoso dalam pembangunan salah satunya karena lokasi geografisnya karena itu masih banyak membutuhkan terobosan-terobosan yang bisa kami carikan solusi dengan menggandeng perguruan tinggi,” ucap Amin.(oci/eno)