Cak Nun: Ajak Mahasiswa Percaya Diri

MALANG - Budayawan Emha Ainun Najib atau Cak Nun mengajak mahasiswa menjadi generasi yang percaya diri. Menurutnya jika ditinjau dari kemampuan berkesenian misalnya, orang Indonesia lebih mudah belajar jenis musik apapun. Mulai dari dangdut, rock bahkan sholawatan.
”Penyanyi Indonesia bisa menyanyikan semua jenis musik dan lagu. Tapi kalau penyanyi dari luar negeri, mana bisa mereka bersholawat,” ungkapnya saat hadir dalam acara Kenduri Budaya di Lapangan Politeknik Negeri Malang (Polinema) Senin (8/10) malam lalu.
Cak Nun menegaskan orang Indonesia memiliki banyak cara untuk mengekspresikan budaya. Karena itu tidak ada alasan untuk menjadi bangsa yang tidak percaya diri. Dalam event bertajuk Membangun Karakter Menuju Jati Diri Bangsa itu Cak Nun banyak mengajak diskusi mahasiswa mengenai makna pendidikan karakter. Dengan gaya yang khas dan terkadang ceplas-ceplos, Cak Nun pun sesekali mengajak mahasiswa untuk berfikir kritis.
Alunan musik yang menghentak dari Kyai Kanjeng menambah semarak acara yang diselenggarakan mahasiswa Polinema yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa (UKM) kerohanian tersebut.(oci/eno)