Poltekes RS Soepraoen Luluskan Ahli Akupuntur

MALANG - Politeknik Kesehatan (Poltekes) RS dr Soepraoen Malang meluluskan 251 ahli madya bidang kesehatan dalam prosesi wisuda yang digelar kemarin di Balai Pertiwi Universitas Ma Chung (UMC) Malang. Di antara lulusan tersebut, terdapat 22 ahli madya Akupunktur.
”Akupunktur ini meski baru dibuka tapi peminatnya terus bertambah, tahun ini saja pendaftarnya sebanyak 30 orang mahasiswa baru,” ungkap Direktur Poltekes RS dr Soepraoen, dr Nirawan Putranto Sp. M kepada Malang Post.
Metode kesehatan akupunktur lanjutnya, memang sedang tren dalam dunia kesehatan. Sementara jumlah pendidikan tinggi yang menyiapkan lulusan dengan keahlian tersebut masih sangat minim. Di Indonesia baru ada dua perguruan tinggi salah satunya di Poltekes RS dr Soepraoen.
”Dulu animo masih rendah karena belum banyak yang kenal metode akupunktur, tapi sekarang sudah mulai trend,” bebernya.
Lulusan ahli madya Akupunktur menurutnya banyak yang bisa membuka praktik mandiri. Selain itu ada pula yang bekerja di rumah sakit dengan layanan Akupunktur.
Lebih jauh dokter spesialis mata ini menuturkan secara umum animo pendaftar di kampusnya meningkat. Bahkan tahun ini keketatan pendaftarnya mencapai 1:6. Untuk itulah pihaknya akan terus meningkatkan komitmen layanan pendidikan mulai dari peningkatan mutu SDm, layanan pendidikan, dan lainnya.
Salah satu layanan baru yang akan dikembangkan di kampus ini adalah e jurnal. Jurnal ilmiah Poltekes ini akan menjadi wahana meningkatkan keilmuan seluruh civitasnya. Diharapkan penelitian maupun artikel bisa dipublikasikan melalui jurnal tersebut. ”Jurnal ini nantinya juga akan memuat bahan belajar, artikel dan lainnya,” ungkap pria yang menjadi anggota komisi akreditasi rumah sakit di Kemenkes itu. (oci/eno)