Mahasiswa FIB UB Tuntut Pengembalian Uang Praktikum

MALANG - Merasa tidak pernah mendapatkan layanan praktikum, mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) Malang menuntut pengembalian uang dari pihak kampus. Kemarin puluhan mahasiswa menggelar aksi demo di dalam kampus.
Menurut koordinator lapangan (korlap) aksi, Ryan Wijayanto besaran uang praktikum antara Rp 200 Ribu – Rp 500 Ribu tidak sesuai dengan layanan yang mereka terima.
”Kami ini setiap hari hanya kuliah biasa tidak pernah ada praktikum, tapi biaya praktikum selalu diminta setiap semester,” ungkapnya di sela aksi kemarin.
Mahasiswa Sastra Jepang ini mencontohkan di jurusannya saja hampir tidak pernah ada kegiatan di dalam laboratorium. Selama ini mahasiswa hanya pernah satu kali diajak masuk ke lab namun dalam rangka pelatihan registrasi online. Pada tahun 2009 dan 2010 pihak kampus pernah mendatangkan tutor untuk mengajarkan huruf kanji kepada mahasiswa jurusan sastra Jepang. Dan biaya praktikum diklaim sebagai biaya membayar tutor tersebut. Namun kegiatan itu sudah tidak ada lagi pada tahun 2011 dan 2012. Namun mahasiswa tetap membayar biaya praktikum dengan besaran yang sama.
Ia juga mencontohkan di jurusan Seni Rupa. Dengan biaya praktikum Rp 400 Ribu - Rp 500 Ribu, mahasiswa jurusan ini hanya mendapatkan fasilitas kertas A3 sebanyak 64 lembar selama satu semester. ”Tentu tidak rasional sekali kalau hanya mendapat kertas A3 biayanya sampai ratusan ribu per orang,” ujar mahasiswa aksi lainnya, Alfa.
Selain itu mahasiswa juga mengeluhkan minimnya ruang kegiatan mahasiswa. Dari 11 UKM di kampus, fakultas hanya menyediakan dua ruang saja. Akibatnya mereka tidak bisa beraktivitas dengan baik.
Setelah puas berorasi di depan kantor rektorat UB, mahasiswa pun menggalang tandatangan sebagai bentuk komitmen mereka untuk bersatu. Pada kesempatan berdialog dengan pihak dekanat, akhirnya disepakati akan ada pengembalian biaya praktikum namun tidak 100 persen.
”Rencananya biaya praktikum yang sudah kami bayarkan akan dikembalikan 80 persen saja, dan kami sudah menandatangani komitmen tersebut,” bebernya.
Sementara itu secara terpisah, Pembantu Dekan III FIB Prof Dr Ir H Henny Pramoedyo, MS menjanjikan tuntutan pengembalian uang praktikum bakal direalisasikan. Meskipun dana praktikum tidak seratus persen dikembalikan kepada mahasiswa.
”Karena sudah ada mahasiswa dari beberapa angkatan yang melakukan kegiatan praktikum. Besaran nilai uang praktikum yang bakal dikembalikan kepada mahasiswa sekitar Rp 50 Ribu sampai Rp 90 Ribu,” jelasnya kemarin.
Ia pun sempat menyayangkan aksi mahasiswa yang dalam kesempatan kemarin tentang dana UKM yang tidak cair serta mempersoalkan pembangunan lahan parkir di kawasan Green Grass yang selama ini menjadi salah satu lokasi aktifitas UKM FIB UB.(oci/fin/eno)