Siswa Belum Kuasai Matematika Dasar

MALANG - Pelajaran matematika sering menjadi pelajaran yang ditakuti ketika ujian nasional (UN). Bagi kebanyakan siswa, matematika adalah pelajaran yang sulit, tak heran nilai matematika menjadi salah satu pelajaran yang nilainya rendah dibandingkan pelajaran lainnya.
“Kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian,” ujar Harjono, Business Development Manager Surya Institute. Dikatakannya, keempat dasar matematika ini menjadi kunci dalam bidang matematika lainnya. Jika siswa tidak memahami matematika dasar, akan berpengaruh pada jenjang selanjutnya.  
Surya Insititute adalah lembaga yang dirintis oleh Yohanes Surya, pimpinan Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) yang telah mengharumkan nama Indonesia di berbagai olimpiade berskala internasional.  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Malang mengundang tim dari Surya Institute untuk menggenjot nilai UN matematika.
”Untuk kualitas guru kami rasa merata, karena sebelum mengikuti pelatihan ini kami sendiri yang melakukan seleksi. Dari sisi materi, kami melihat semuanya sudah menguasai. Kendalanya ada pada metode dan variasi mengajar,” ujarnya kepada Malang Post.
Dikatakannya, dalam pelatihan yang digelar selama enam hari ini guru akan banyak melakukan diskusi dalam menyelesaikan soal. Sehingga ketika diterapkan kepada siswa, tidak hanya melalui satu metode tetapi banyak metode yang bervariasi.
“Ke depannya kami berharap guru yang telah mendapat pelatihan ini dapat menularkan ilmunya kepada guru yang lain. Sehingga kualitasnya akan merata. Tidak menutup kemungkinan bagi guru yang peringkatnya terbaik akan kami jadikan master trainer yakni memberikan pelatihan di daerah lain,” ungkapnya.
Peserta yang mengikuti pelatihan sejak Senin hingga Sabtu (8-13/9) mendatang tidak hanya mendapat materi dari trainer tetapi lebih banyak diskusi teman sejawat. Selain itu, Surya Institute akan memberikan supervisi dan evaluasi kelompok.
“Kami berharap dengan pelatihan ini dapat menggenjot nilai UN, terutama matematika. Hasilnya memang tidak instan, tetapi kami akan menyelenggarakan program berkelanjutan,” ujar Denny Hastuti Koordinator Pelatihan Dikbud Kota Malang.
“Pelatihan ini sangat bermanfaat, selama ini kami mengajarkan kepada siswa lebih banyak mengenai rumus. Tetapi, dari pelatihan ini kami bisa mengajarkan pola dan konsep matematika terlebih dahulu,” ujar Akmad Zuhdi Guru dari SMPN 15 Malang. (nin/eno)