Mahasiswa PAI UIN Maliki Antusias Jadi Wartawan

MALANG - Kemarin (10/10), mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang melakukan kunjungan ke kantor redaksi Malang Post. Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran matakuliah Pendidikan Jurnalistik bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI).
Kunjungan yang dilakukan sore hari itu disambut langsung oleh pimpinan redaksi Malang Post Sunavip Ra Indrata. Pria yang akrab disapa Indra ini menyambut antusias puluhan mahasiswa UIN Malang itu. Kunjungan ini diawali dengan materi jurnalistik dan kunjungan ke ruang redaksi Korane Arek Malang ini.
“Menjadi wartawan itu menyenangkan 5 persen, dan 95 persen sangat menyenangkan,” ujar Indra saat memberikan tips menjadi wartawan. Indra menambahkan, untuk menjadi wartawan perlu menerapkan how to get, how to read, dan how to present.
Wartawan harus bisa menulis berita, dan membuat masyarakat mau membaca koran. Bukan hanya itu, wartawan harus bisa menyajikan berita yang objektif. “Menjadi wartawan harus objektif, artinya sumber berita tidak hanya satu pihak saja,” ujarnya.
Mahasiswa jurusan PAI ini sangat antusias saat sesi tanya jawab. Banyak pertanyaan yang dilontarkan calon guru ini, misalnya bagaimana untuk mencari berita dan menulis yang dicari pembaca dan bagaimana menyajikan berita yang aktual. Bukan hanya itu, mahasiswa UIN Maliki bahkan ada yang antusias menjadi wartawan Malang Post.
“Senang sekali ada kegiatan kuliah seperti ini, bisa menambah pengalaman dan lebih memahami dunia jurnalistik. Selain juga menjadi lebih semangat,” ujar Layinaturrohmah salah seorang mahasiswa.(nin/eno)