UM Siap Pilih Dosen Teladan

MALANG - Universitas Negeri Malang (UM) menyiapkan total hadiah Rp 30 Juta untuk dosen terbaiknya dalam perayaan dies natalis ke 58 tahun ini. Sebuah penghargaan bertajuk The Learning University Award 2012 itu rencananya akan diberikan kepada dosen yang telah menghasilkan karya dan inovasi terbaik. Ada tiga kategori yang dilombakan yaitu pendidikan, sains dan teknologi, serta ilmu sosial, humaniora, seni dan olahraga.
Menurut Ketua Panitia Penganugerahan, Dr. H. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed pemenang tiap kategori akan mendapatkan hadiah masing-masing Rp 10 Juta. ”Setiap fakultas mengusulkan dua nama dosennya yang memenuhi persyaratan, nama-nama tersebut sudah kami terima 9 Oktober lalu,” ungkapnya.
Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) UM ini
menuturkan ada beberapa kriteria penilaian dalam lomba ini. Yakni Hak Atas Kekayaan Intelektual, tulisan atau publikasi pada jurnal nasional yang terakreditasi maupun jurnal internasional, model atau sistem yang bermanfaat bagi masyarakat, buku berbasis hasil penelitian, karya tulis ilmiah yang disajikan pada seminar-seminar ilmiah di tingkat nasional atau internasional, karya seni yang dipamerkan pada forum nasional atau internasional, dan hal lain yang relevan dengan darma penelitian dan pengembangan ilmu.
”Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada dosen atas karya yang dihasilkan sehingga bisa menginspirasi dosen yang lain,” bebernya.
Tim penilai dalam lomba ini adalah para pakar di bidangnya. Ia yakin penilaian akan berlangsung fair karena ada bukti fisik berupa karya dosen yang menjadi acuan penilaian.
Terpisah Rektor UM, Prof Dr Suparno menegaskan pemberian penghargaan ini adalah kali pertama dilaksanakan di UM. Ia berharap kegiatan ini akan menjadi tradisi sehingga bisa membangun lingkungan akademik yang sehat.
”Kami berharap kegiatan ini bisa mendorong lahirnya karya-karya besar para dosen di UM,” pungkasnya. (oci/eno)