Digelar Tiga Kali dalam Satu Tahun

MALANG- Untuk kali pertama,  Universitas Negeri Malang (UM) menggelar wisuda tiga kali dalam satu tahun. Hari Minggu (14/10) kemarin,  wisuda semester genap tahap dua digelar di Gedung Graha Cakrawala.
”Tidak menutup kemungkinan pada tahun depan wisuda bisa diselenggarakan empat kali dalam satu tahun, sebab jumlah mahasiswa kami semakin banyak,” ungkap Rektor UM, Prof Dr Suparno kepada Malang Post.
Wisuda semester genap tahap 2 kemarin diikuti oleh mahasiswa yang mengikuti semester pendek (SP). SP biasanya diikuti oleh mahasiswa yang melakukan perbaikan nilai karena mendapat nilai yang kurang sempurna pada semester sebelumnya. Program ini khusus diikuti oleh mahasiswa yang belum tuntas mata kuliahnya. Biasanya setelah menyelesaikan SP, mahasiswa masih harus menunggu sampai semester berikutnya untuk diwisuda. ”Karena kuota mahasiswa sudah memenuhi dan pertimbangan kapasitas tempat, maka tahun ini wisudanya digelar tiga kali dalam satu tahun,” bebernya.
Rangkaian semester pendek ditambah wisuda bagi peserta semester pendek menurutnya juga akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang sudah hampir melampaui batas studi. Mahasiswa yang sibuk karena bekerja akhirnya mengalami kemrosotan nilai. Sehingga melakukan perbaikan pada semester pendek.
”Di UM ini ada beberapa jurusan yang cukup favorit di dunia kerja, sehingga sebelum lulus saja sudah banyak yang direkrut di dunia kerja,” kata dia.Kebijakan baru ini disambut antusias oleh mahasiswa UM. Seperti diungkapkan Nimas Arum. Mahasiswa D3 Game Animasi ini harus mengikuti semester pendek karena kesibukannya bekerja. Dan ia merasa beruntung karena ada wisuda bagi mahasiswa yang selesai mengikuti semester pendek.
”Seharusnya saya baru ikut wisuda semester depan karena terlambat pada semester genap, tapi karena ada wisuda tahap dua jadi tidak perlu menunggu lama,” ucapnya. (oci/nug)