Ajang Adu Cerdas Pelajar SD dan SMP

MALANG- Ratusan pelajar SD dan SMP adu cerdas dalam ajang Kompetisi Studi Islam dan Matematika tahun 2012,akhir pekan kemarin. Kompetisi bergengsi bagi pelajar muslim Fakhruddin Ar Rozi Competition (FRC) 2012 ini diselenggaran di Malang dan diikuti siswa kelas 4, 5,dan 6 Sekolah Dasar (SD) dan kelas 7, 8, dan 9 (SMP).
Ketua pelaksana FRC, Ibnu Taufiq, S.Pd, M.Pd menuturkan dalam kegiatan ini siswa yang memiliki minat dan kemampuan bidang Matematika, ditantang untuk memperdalam pengetahuan bidang keagamaan. Dengan demikian siswa memiliki pemahaman lintas kelimuan.
”Olimpiade Studi Islam dan Matematika tingkat nasional ini digelar serentak di kota-kota besar di Indonesia, dan SMP Islam Sabilillah menjadi tuan rumahnya di Malang,” ungkapnya.
Olimpiade yang bertajuk “Membentuk Generasi Ulama-Intelek” ini dilaksanakan diantaranya di Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jadebotabek), Banten, Bandung, Tegal, Solo, Magelang, Nganjuk, Bojonegoro, Pasuruan, Malang, Surabaya, Medan, hingga Fak-Fak (Papua Barat). Untuk wilayah Jabodetabek, lomba akan diselenggarakan di Gedung Olahraga (GOR) Ciracas, Jakarta Timur.
SMPIS ditunjuk menjadi penyelenggara untuk wilayah regional.  Sekolah ini telah mampu membuktikan beberapa siswanya lolos pada kompetisi sejenis di tingkat nasional maupun internasional. Seperti pada ajang Intenational Matematic Contest (IMC) di Singapura beberapa bulan yang lalu. Sehingga penyelenggaraan kompetisi seperti sinergi dengan  visi sekolah yang beralamatkan di Jalan Terusan Piranha atas 135 Malang.
Fakhruddin Ar Rozi Competition (FRC) 2012 merupakan kompetisi yang menggabungkan studi islam dan Ilmu Matematika secara bersamaan dengan visi misi membentuk generasi ulama intelek yang dapat menguasai ilmu pengetahuan agama dan matematika bersamaan sebagaimana ulama terdahulu seperti Fakhruddin Ar Rozi, Al Khawarizmi, Ibnu Sina, dll. Sehingga salah satu ilmuwan dan ulama besar tersebut menjadi inspirasi terlaksananya olimpiade ini. (oci/nug)