Dikbud Gelar UKG Tahap

MALANG-  Hari ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Malang siap menggelar uji kompetensi guru (UKG) tahap 2. Agenda tersebut akan digelar 16-21 Oktober 2012 mendatang.  Setelah pelaksanaan UKG tahap 1 masih banyak ditemui kendala teknis, hari ini Dikbud Kota Malang mengaku sudah lebih siap menggelar UKG.
“Verifikasi data terakhir kemarin sore sudah siap, artinya sudah sesuai dengan data yang dientri,” ujar Jianto, Kasi Fungsional Tenaga Kependidikan Dikbud Kota Malang. Ia menuturkan, kendala pada UKG tahap 1 lalu yakni ketidaksesuaian data dan nomor registrasi info dan server yang ngadat, untuk UKG tahap 2 telah dievaluasi.
Terkait  dengan kesiapan tempat uji kompetensi (TUK), Jianto mengaku sudah siap dan tidak ada masalah dengan penyelenggaraan UKG hari ini. “Sudah siap, kecuali jika listrik mati maupun bencana alam. Secara teknis kami sudah siap,” beber Jianto kepada Malang Post. Dikatakan Jianto, TUK tahap 2 tidak mengalami perubahan yakni SMPN 1, SMPN 3, SMPN 5, SMAN 1, SMAN 4, SMAN 5 dan SMKN 4.
Berbeda dengan UKG tahap 1 yang diawasi oleh pengawas masing-masing jenjang dan wilayah, UKG tahap 2 akan diawasi oleh Dikbud Kota Malang. “UKG tahap 2 juga diikuti pengawas, kalau UKG tahap 2 diawasi langsung Dikbud Kota Malang. Kalau UKG lalu pengawas juga bisa sambil latihan kini mereka menjadi peserta,” kata pria ramah ini.
Kemarin (15/10) Dikbud Kota Malang telah memberikan pengarahan kepada semua teknisi UKG dari setiap TUK. Ada 2.436 orang yang akan mengikuti UKG tahap 2 di Kota Malang dengan rincian TK 101 guru, SD 613 Guru, SLB 47 guru, SMA 303 guru SMK 560 guru, dan pengawas 21 orang. (nin/eno)