Pementasan Hastabrata Sambut Dies Natalis UM ke-58

MALANG - Menyambut Dies Natalis ke 58 Universitas Negeri Malang (UM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni berkolaborasi di Graha Cakrawala UM kemarin malam (17/10). Dalam kolaborasinya, UKM seni UM menggabungkan seni moderen dan tradisional dalam pentas bertajuk Hastabrata.
Pertunjukkan itu menceritakan tentang seorang kesatria yang ingin menguasai ilmu Hastabrata, sebuah ilmu tentang kepemimpinan. Ia berguru pada seorang begawan yang bernama Wicaksana Maya. Sayangnya, sang Begawan tidak bisa mengajarkan ilmu itu sehingga begawan menyuruh Kesatria mencari bunga Wijaya Brata.
Hastabrata adalah ilmu delapan sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Kesatria menggunakan ilmu itu untuk mengalahkan raja Kalamurka.  Dengan petunjuk hati nurani yang bersih kejahatan kalah oleh kebenaran.
Dalam pementasan itu, UKM seni memadukan tata panggung yang artistic dan iringan musik kolaborasi gamelan dan modern. Bukan hanya itu, paduan suara UM juga menghibur dengan aksinya yang menghibur. UKM yang terlibat dalam pementasan ini adalah Sanggar Tari Karawitan Asri Kusuma, Teater Hampa Indonesia, Opus 275, Blero, Paduan Suara Mahasiswa SSC, Sanggar Minat, dan Persaudaraan Setia Hati Terate.
“Harapan kami dengan adanya kolaborasi ini dapat semakin meningkatkan kekompakan UKM UM dan meningkatkan kreativitas kami,” ujar Aziz R, Ketua Panitia. Aziz menambahkan, dengan pementasan ini dapat menjadi ajang bagi generasi muda untuk mengkolaborasikan kesenian tradisional dan modern menjadi pertunjukan yang atraktif. (nin/eno)