Nilai UKG Tahap II Meningkat

MALANG - Nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahap II di hari kedua kemarin mengalami peningkatan dibandingkan UKG Tahap 1 yang digelar Agustus lalu. Hal ini dikatakan Bagus Priambodo Koordinator UKG Tahap 2 Kota Malang dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) yang memantau langsung pelaksanaan UKG di kota Malang.
Bagus menambahkan, dari pantauan singkatnya, nilai UKG tahap 2 ini juga lebih baik.
“Mungkin karena guru lebih siap, nilainya juga sudah meningkat. Beberapa ada yang mencapai 76, walaupun yang nilainya masih kurang juga ada,” bebernya. Dikatakannya UKG adalah kegiatan pemetaan demi mendapatkan gambaran akurat dalam  program pengembangan sumber daya manusia (SDM) pendidik.
“Kami menilai kegiatan ini positif untuk memacu guru-guru dalam meningkatkan kompetensi. Hasil UKG ini akan kami jadikan dasar dalam mengevaluasi program. Jika memang ada perbaikan tentu kami akan melaksanakannya,” ujarnya. Dikatakannya, dibanding kota lain di Jawa Timur, pelaksanaan di kota Malang dinilai LPMP lebih baik.
Sementara itu pantauan Malang Post dari segi teknis pelaksanaan,  tempat uji kompetensi (TUK) tidak mengalami kendala yang berarti. Kendala listrik padam yang sempat dikhawatirkan juga tidak terjadi kemarin (17/10).  
“UKG berjalan lancar, tetapi ada peserta UKG yang tidak hadir karena sakit dan pensiun,” ujar Jianto Kasi Fungsional Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Malang. Jianto menambahkan, jika peserta UKG berhalangan hadir akan mengikuti UKG tahun 2013 mendatang.
“Prosedurnya seperti itu, yang tidak mengikuti tahap ini bisa mengikuti tahun depan,” katanya kepada Malang Post. Dikatakn Jianto, jika ada pemadaman listrik seperti Selasa (16/10) panitia akan menawarkan untuk menggelar UKG seusai UKG sesi ke-tiga yakni setelah pukul 16.30.
“Paling malam untuk UKG yang tertunda diakhiri sekitar pukul 20.00,” bebernya. UKG di Kota Malang juga dipantau langsung oleh tim LPMP Provinsi Jawa Timur. “Hari ini lancar dan tidak ada kendala,” ujar Dikatakannya, dibandingkan UKG Tahap 1 yang digelar Agustus lalu UKG Tahap 1 mengalami peningkatan dari segi pelaksanaan. (nin/eno)