Dikbud Bakal Kumpulkan Penjual Makanan

MALANG- Demi memberikan wawasan tentang makanan sehat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Malang akan mengadakan seminar makanan sehat bagi para penjual makanan.
”Tanggal 23 Oktober kami akan mengundang para penjual makanan, nanti mereka akan kami beri wawasan bagaimana mengolah makanan yang sehat,” ujar Siti Ratna Wati Kabid Pendidikan Non Formal dan Informasi (PNFI) Dikbud Kota Malang.
Dikbud Kota Malang menilai makanan memiliki peran dalam menentukan kesehatan siswa, karena waktu yang dihabiskan di sekolah cukup panjang dan banyak siswa yang membeli makanan. Dikbud juga menggandeng lembaga lain dalam memberikan penyuluhan makanan sehat.
 ”Kami prihatin dengan banyaknya jajanan yang kurang sehat seperti menggunakan pewarna dan pengawet yang banyak dijual di sekolah-sekolah. Selain itu banyak yang kebersihannya kurang terjamin,” ujar wanita berambut pendek ini.
Siti menambahkan, banyak yang tidak menyadari bahwa makanan yang kurang sehat memiliki pengaruh terhadap kesehatan. ”Apalagi sekarang banyak makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna, dan zat kimia. Sangat disayangkan kalau dikonsumsi anak-anak,” katanya. Dikatakannya, banyak penjual makanan yang kurang mengerti efek penggunaaan bahan-bahan kimia. Padahal jika dikonsumsi terus-menerus akan berbahaya bagi kesehatan.
Dikbud Kota Malang sedikitnya akan mengundang 250 penjual makanan dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. ”Harapannya jika penjual mengerti bahan yang aman untuk dikonsumsi dan pengolahan yang sehat dapat membiasakan pola hidup sehat, bukan hanya kepada siswa tetapi penjualnya juga akan terbiasa,” pungkasnya. (nin/eno    )