Tuangkan Kisah Graca dalam Buku

MALANG – Menandai ulang tahun ke 58 Universitas Negeri Malang (UM), Rektor UM Prof Dr Suparno menulis buku. Ya, buku itu mengupas tentang keistimewaan bangunan Gedung Graha Cakrawala (Graca) yang menjadi aset prestisius milik kampus eks IKIP itu.
”Gedung Graca ini ide besarnya memang dari saya dan diterjemahkan oleh seorang arsitek,” ungkap Suparno ditemui di sela acara perayaan dies natalis di Gedung Graca kemarin.
Menurutnya ide besar pembangunan Graca ini adalah mengusung konsep kampus dalam taman. Keindahan sudah tergambar di luar gedung dari penataan taman yang asri, ditambah lagi interiornya yang berkelas. Penggunaan kayu jati kelas hara (jenis kayu jati yang paling bagus) pada beberapa bagian seperti lantai, jendela, hingga meja tamu. Juga sebuah menara air untuk memenuhi kebutuhan air di gedung tersebut. Kyai Guntur Sewu, perangkat gamelan melengkapi unsur spiritualitas dan kesakralan gedung tersebut.
Tak heran, sejumlah event organiser pernah menggelar acara besar di gedung ini, di antaranya Opera Van java, Djarum Black dan berbagai konser musik besar. ”Buku ini tidak hanya sekedar berisi informasi tapi juga pelajaran yang bisa dipetik serta menjadi rujukan yang bermanfaat,” bebernya.
Sementara itu dalam perayaan kemarin Suparno juga meresmikan beberapa aset baru UM  yakni Lapangan Tenis Cakrawala, Stadion Cakrawala, dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bisnis.(oci/eno)