Puluhan SMP Beradu Kemampuann Teater

MALANG - Memperingati bulan bahasa, HMJ Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang (UM) menggelar serangkaian kegiatan, salah satunya Lomba Teater tingkat SMP. Acara yang digelar sejak Kamis (17/10) hingga Minggu (21/10) mendatang itu disambut antusias oleh penggiat teater SMP di Jawa Timur.
Salah satu tim yang unjuk akting dalam lomba kemarin adalah Teater SMPN 1 Malang. Dalam pementasannya teater SMPN 1 Malang mengangkat Ande-Ande Lumut sebagai adaptasi cerita.
Namun, berbeda dengan cerita Ande-Ande Lumut versi asli, pementasan SMPN 1 menceritakan tentang kehidupan manusia yang diumpamakan seperti panggung sandiwara. Setiap manusia harus memiliki pilihan mewarnai dunianya sendiri. Dalam pementasan berdurasi 25 menit itu SMPN 1 menampilkan dialog berbahasa Jawa dan cerita yang dekat dengan kehidupan nyata.
“Teater sebaiknya mulai diperkenalkan sejak dini, bukan hanya di tingkat SMP tetapi kalau bisa sejak SD. Karena dengan bermain teater banyak manfaat yang bisa didapatkan,” ujar Mochammad Zainy L, S.S salah satu juri.
Pria yang akrab disapa Leo ini menilai, dengan belajar teater siswa akan berlatih bekerjasama dalam satu tim. “Karena dalam satu tim, anak akan terbiasa menerima orang lain dan berlatih memerankan karakter yang berbeda,” kata pria yang juga personel grup band Tani Maju ini.
Dikatakan Leo, dengan belajar teater siswa akan diajak berlatih bermain tempo dan dinamika pementasan. “Dengan belajar teater siswa akan diajak berpikir logis dan kreatif,” katanya.
Selama satu hari, ada lima tim yang berkesempatan tampil di hadapan para juri. Setiap tim memiliki waktu tampil dan mempersiapkan tata panggunggnya selama 60 menit.
“Ada 21 sekolah yang mengikuti lomba ini, bukan hanya dari Kota Malang saja, tetapi kota lain di Jawa Timur,” ujar Agelgara Kusumo Putro Ketua Panitia.
Mahasiswa yang akrab disapa Agel ini menuturkan, tema yang dipilih adalah pendidikan karakter.
“Tema besarnya adalah pendidikan karakter, peserta harus memilih tema ini yang dikemas sesuai kreatifitas masing-masing tim,” ujarnya. Dikatakannya, ada enam nomonasi yang dilombakan yakni aktor terbaik, aktris terbaik, penata artistik terbaik, sutradara terbaik, penata musik terbaik, dan penulis naskah terbaik.(nin/eno)