Sekolah Mulai Ajukan Bantuan APBN 2013

MALANG - Menjelang tahun anggaran yang akan segera usai akhir tahun ini, sekolah-sekolah di Kota Malang mulai mengajukan anggaran bantuan ke pemerintah pusat. Anggaran ini akan dialokasikan untuk penambahan ruang kelas dan rehab gedung sekolah.
“Sudah banyak yang mengajukan bantuan kepada pemerintah pusat dans sampai saat ini mencapai 28 sekolah, nanti akan kami fasilitasi dengan pusat,” ujar Andang R, Kasi Sarana dan Prasarana Pendidikan Menengah Dikbud Kota Malang.
Dikatakan Andang, bantuan ini tidak terbatas pada sekolah negeri saja tetapi juga sekolah swasta. ‘Tidak ada bedanya sekolah negeri dan swata, semuanya akan kami akomodir untuk bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah,” kata pria ramah ini.
Selain bersumber dari APBN, dana yang akan dikucurkan pemerintah ini juga berasal dari APBD provinsi Jawa Timur. Dikatakannya, besaran bantuan dari pusat ini jumlahnya bervariasi sesuai kebutuhan. “Kalau tahun sebelumnya bisa mencapai ratusan juta. Tidak semua nilai yang diajukan akan dikucurkan. Tentunya pusat yang membagi, karena disesuaikan dengan dana pusat,” kata pria berkacamata ini.
Kendati pemerintah memiliki anggaran untuk penambahan gedung dan rehab gedung sekolah tetapi tetap dilakukan pengawasan yang ketat. “Nanti dari pusat yang akan menilai kelayakan bantuan. Sebelum pusat menentukan nominalnya, akan disurvey oleh tim dari pusat,” ungkapnya.
Andang menambahkan, tidak ada batasan waktu pengajuan bantuan ini. “Jika ingin 2013 dana tersebut cair, dari sekarang bisa mengajukan ke Diknas Kota Malang untuk selanjutnya ditindaklanjuti pusat. Jika cepat mengurus prosesnya akan, dana tersebut dapat segera digunakan,” katanya.
Beberapa sekolah negeri yang telah mengajukan bantuan antara lain SMAN 5, SMAN 7, SMAN 8, dan SMAN 10. Sedangkan untuk sekolah swasta anatara lain SMA Islam, SMA Taman Madya, SMA Kertanegara, SMA Kristen Setia Budi, dan SMA Panjura. (nin/eno)