Berdayakan Ekonomi Mikro, Damandiri Gendeng Unmer

MALANG -  Demi melaksanakan program pengentasan kemiskinan, Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) menggandeng Universitas Merdeka (Unmer) Malang. Kemarin (19/10) Damandiri mengadakan sosialisasi Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya), Tabungan dan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja) dan Koperasi Perkulakan di Unmer Malang.
Dalam sosialisasi kemarin dihadiri Sekertaris Yayasan Damandiri Dr. Subiakto Tjakrawerdaja, Sekertaris Daerah Kabupaten Malang Dr. Abdul Malik, M. Si, dan Rektor Unmer Prof. Dr. Anwar Sanusi,SE, M.Si. “ Kami sangat senang Unmer mendukung program pengentasan kemiskinan. Program-program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Subiakto.
Mantan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia periode 1993 ini menuturkan, makro ekonomi Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang pesat. Namun sayangnya hal ini tidak diimbangi sektor mikro. 11,9 persen dari 240 juta jiwa warga Indonesia atau sekitar 29 juta jiwa masuk dalam kategori miskin.
“Saat ini yang masyarakat yang kaya bertambah kaya, yang miskin tidak mengalami perubahan yang berarti. Perlu ada terobosan-terobosan untuk mengatasi kesenjangan ekonomi. Masyarakat bisa membentuk kelompok-kelompok yang akan difasilitasi Damandiri dalam memperoleh kredit tanpa agunan,” beber Subiakto.
Dikatakannya, kelompok-kelompok ekonomi kurang mapan sebetulnya dapat menerapkan sistem tanggung renteng. Artinya, keluarga miskin dan hampir miskin dapat bersinergi dengan keluarga yang mampu dengan sistem subsidi. Selain itu dengan membuka koperasi perkulakan akan dapat membendung doninasi toko modern.
Melalui kerjasama dengan pemerintah daerah, Posdaya, Tabur Puja, dan Koperasi Perkulakan ini diharapkan benar-benar menyentuh masyarakat yang membutuhkan dan bisa mandiri.
Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten Malang Dr. Abdul Malik mengapresiasi Posdaya dalam memberdayakan masyarakat yang mandiri dan sejahtera. “Saya berharap dengan pelaksanaan program ini nantinya akan membangkitkan ekonomi mikro. Program ini dapat memberikan harapan kepada masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup,” ujarnya.
Sementara itu Rektor Unmer Prof. Dr. Anwar Sanusi,SE, M.Si menyatakan dukungannya pada program Damandiri. “Program ini sangat mendukung ekonomi mikro, kami sangat mendukung Damandiri. Ke depannya, ketika KKN mahasiswa juga bisa mendukung program ini,” kata Anwar. Anwar menambahkan, dengan program yang langsung menyentuh ini mahasiswa akan tahu kondisi riil keadaan ekonomi masyarakat. (nin/eno)