20 Wisudawan FIA UB Raih Cumlaude

MALANG - Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) menggelar agenda pelepasan mahasiswa program Pascasarjana, Sarjana dan Diploma, Sabtu (20/10). Agenda pelepasan dilaksanakan di Lantai 4 Gedung Dekanat FIA UB dengan salah satu acara yaitu pemberian penghargaan kepada 20 wisudawan peraih nilai cumlaude. Dengan rincian pada program S1 Ilmu Administrasi Bisnis (IAB) sebanyak 13 orang, Ilmu Administrasi Publik (IAP) 4 orang, S2 IAB dua orang dan S3 IAB satu orang.
Salah satu peraih cumlaude yang akan dilepas adalah putra daerah Mataram, Muhammad Tajuddin. Mahasiswa program S3 ini adalah dosen di Sekolah Tinggi Managemen Informatika dan Komputer Bumigora Mataram.
”Saya sebelumnya menempuh S2 di FIA UB, agar gelar saya linear maka saya melanjutkan di program S3 di kampus yang sama,” ungkap Tajuddin kepada Malang Post disela acara gladi bersih kemarin.
Tajuddin merampungkan studinya dengan menulis Disertasi bertema Kepemimpinan dan Keberhasilan dalam Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Timur. Yang ia teliti adalah bagaimana peran seorang pemimpin dalam memanfaatkan bantuan bidang sistem informasi yan cukup banyak diterima oleh PTS itu.
”Peran pimpinan memang cukup dominan, kalau tidak ada komitmen maka bantuan itu pun tidak bisa termanfaatkan dengan baik,” ujarnya.
Sementara itu pada Program S2, predikat cumlaude diraih Endang Karyawati SE MAB. Dosen STT STIKMA Internasional Malang ini menyelesaikan studi dengan menulis tesis tentang pengaruh karakteristik perusahaan, faktor eksternal dan struktur modal terhadap kinerja keuangan perusahaan. Studi pada perusahaan otomotif di Bursa Efek Indonesia.
Pada jenjang S1, salah satu peraih cumlaude adalah Ahmad Saiful Ulum dari Administrasi Bisnis. Kelahiran Surabaya 20 April 1990 ini juga sukses meraih beasiswa fast track dan berharap bisa studi lanjut di Jerman.
Sementara itu Pembantu Dekan III, Heru Susilo MA menuturkan beberapa waktu lalu, FIA UB baru saja menggelar sejumlah acara yang melibatkan seluruh mahasiswa, alumni, staf dosen pengajar dan karyawan. Seluruh komponen FIA UB tersebut berbaur dalam kegiatan yang bertajuk temu alumni FIA Fun Day 2012 dan jalan sehat.
Temu alumni dilaksanakan pada hari Sabtu (13/10). Acara tersebut dihadiri oleh banyak alumni FIA UB dari berbagai tahun angkatan. Para alumni sekaligus membawa pemikiran-pemikiran demi mengembangkan fakultas  kearah yang lebih baik lagi. Dilanjutkan pada hari Minggu (14/10) ribuan mahasiswa, pimpinan universitas dan fakultas, alumni, staf dosen dan pengajar melaksanakan jalan sehat. Berbagai rangkaian acara tersebut merupakan agenda kegiatan dalam rangka memperingati Dies Natalis FIA UB yang ke-52. Acara jalan sehat dibuka langsung oleh Pembantu Rektor I (PR I) Prof Dr Ir Bambang Soeharto MS didampingi oleh Dekan FIA UB Prof. Dr. Sumartono, MS.
Dalam sambutannya baik PR I maupun Dekan FIA berharap dengan semakin dewasanya FIA UB, diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada mahasiswa dan masyarakat. Berbagai tantangan dimasa mendatang diharapkan dapat memotivasi FIA UB untuk terus menjadi lebih baik lagi. (oci/sir/eno)