UB Lepas 1.118 Wisudawan

MALANG - Universitas Brawijaya (UB) Malang melepas 1.118 wisudawan program sarjana, pascasarjana dan program vokasi hari ini. Agenda wisuda kali ini adalah periode II tahun akademik 2012/2013 dan digelar di Gedung Samantha Krida.
Rektor UB, Prof Dr Ir Yogi Sugito dalam sambutannya di hadapan wisudawan hari ini akan menyampaikan sejumlah hal. Di antaranya adalah komitmen mencetak sarjana yang berjiwa entrepreneur. Saat ini UB tengah mengembangkan Job Placement Center (JPC), baik di tingkat universitas maupun fakultas demi membantu para lulusan mendapat pekerjaan.
”Melalui kerjasama dengan berbagai instansi baik negeri maupun swasta di dalam dan di luar negeri, serta berbagai pembekalan yang telah diberikan kepada mahasiswa, saya yakin tidak ada lulusan UB yang menemui kesulitan dalam meniti karir di masyarakat,” ungkap Yogi.
Pengalaman yang ada selama ini, lanjutnya, lulusan UB selalu unggul dalam bersaing untuk mendapatkan pekerjaan.
Terlebih lagi dengan nilai Akreditasi Institusi A, dan penilaian dari Lembaga Pemeringkatan Internasional untuk Perguruan Tinggi. Dimana kualitas lulusan UB mendapat penghargaan bintang 4 dan tertinggi di Indonesia. Serta berbagai prestasi lain yang menempatkan UB sebagai perguruan tinggi yang berkualitas tinggi dan pastinya akan sangat membantu alumninya untuk bersaing dengan lulusan kampus lain.
Lebih jauh guru besar Pertanian UB ini menuturkan begitu gelar Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor / Spesialis terima, sebenarnya telah terjadi perubahan yang sangat besar. Baik dalam diri masing-masing maupun perubahan sikap dan harapan masyarakat. Mahasiswa UB harus menjadi sosok yang mandiri, kreatif dan inovatif, sebagai pelopor dan penggerak pembangunan di negeri ini.
”Untuk itu, semua alumni harus mempersiapkan diri dengan baik, agar kehadiran di tengah-tengah masyarakat dapat diterima dengan baik pula dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang sedang membangun ini,” tegasnya.
Dengan bekal IPTEK serta berbagai bekal kecakapan hidup yang diterima selama kuliah, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam pembangunan, mengajak masyarakat untuk menatap hari esok yang lebih baik. Yakni melalui ide-ide cemerlang untuk menggali potensi yang belum tertangani serta memecahkan berbagai permasalahan yang ada di Negara ini.
”Inilah yang didambakan oleh UB yang menetapkan arah pengembangan dirinya menuju “World Class Entrepreneurial University,” tegasnya.
Harapan masyarakat sangat besar terhadap lulusan perguruan tinggi, dan mereka diharapkan tidak hanya sebagai insan pencari kerja. Lulusan perguruan tinggi diharapkan dapat berbuat lebih dari sekedar itu semua, yaitu menciptakan lapangan pekerjaan baru yang dapat menyerap tenaga kerja baru. Harapan tersebut muncul karena lulusan perguruan tinggi dianggap mampu menjadi teladan sebagai praktisi dibidang kewirausahaan yang berpendidikan tinggi.
Lulusan UB perlu mengetahui beberapa kunci dalam berwirausaha. Hal tersebut adalah peka terhadap peluang usaha, mengetahui berbagai definisi usaha, mengetahui informasi dan resiko, data dan informasi lengkap, punya banyak ide usaha. Mahasiswa harus membiasakan sejak dini dalam menangkap berbagai peluang usaha yang ada di lingkungannya.
Diungkapkannya hari ini merupakan hari yang berbahagia, karena telah berhasil meraih cita-cita menjadi seorang Ahli Madya, Sarjana, Magister dan Doktor serta Spesialis. Suatu keberhasilan yang sudah tentu tidak datang begitu saja, melainkan melalui kerja keras dan perjuangan tanpa kenal lelah. Suatu keberhasilan yang patut kita syukuri bersama pada pagi hari ini.
”Jaga nama baik almamater dan jaga pula komunikasi yang baik di antara alumni melalui IKA-UB yang tersebar diseluruh pelosok tanah air,” pungkasnya.(oci/adv/sir/eno)

Harus Mandiri, Kreatif dan Inovatif
 Pembantu Rektor Bidang Akademik Universitas Brawijaya (UB), Prof Dr Ir Bambang Suharto berharap alumni UB bisa menjaga baik almamater. ”Jadilah alumni yang tangguh dan bersemangat dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi serta selalu berfikiran positif,” pesannya.
Ia juga berharap supaya wisudawan menjadi sosok yang mandiri, kreatif dan inovatif, sebagai pelopor dan penggerak pembangunan di negeri ini. Untuk itu, mereka diharuskan mempersiapkan diri dengan baik, agar kehadiran mereka di tengah-tengah masyarakat dapat diterima dengan baik.
Sementara itu, mahasiswa yang meraih prestasi non akademik dan hari ini ikut diwisuda adalah Nela Agustin Kusuma Wardani STP dari jurusan THP. Nela adalah putri dari pasangan Hardjito dan Endang Listianing R. Prestasi yang ia capai adalah juara II tingkat nasional lomba karya tulis mahasiswa (LKTM) di UNESA Surabaya tahun 2009, Best Business Proces Lomba ITB Entrepreneurship Challenge di Jakarta tahun 2011, dan Juara Favorit lomba The Craziest Business Plan Competition di Yogyakarta tahun 2011.
Prestasi non akademik kedua diperoleh Muchammad Budi Irawan STP dari jurusan THP. Putra Bapak Much Taufan dan Ibu Sri Winarni Budi Astuti. Prestasi yang diraih adalah juara favorit lomba The Craziest Business Plan Competition Yogyakarta tahun 2011.(oci/eno)