Tahun Ini Proposal PKM Digelar Secara Online

MALANG - Pengiriman proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tahun ini dilaksanakan secara online. Hal tersebut dilakukan setelah melihat antusiasme mahasiswa seluruh Indonesia sangat tinggi terhadap ajang PKM. Sehingga, sebelum diberlakukan secara online hard copy yang dikumpulkan pada Dikti mencapai ribuan proposal.
“Dengan adanya system on-line terdapat beberapa keuntungan yaitu lebih mengirit biaya pengumpulan, pengiriman lebih cepat dan efektif,” ungkap Dewan Pakar Dirjen Dikti, Dr. Oni Setiani saat menghadiri Workshop PKM Perguruan Tinggi Malang Raya di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) akhir pekan lalu.
Pengiriman secara on-line ini lanjutnya akan dilaksanakan mulai November.  Karena masih mencoba sistem baru, Dikti memberikan kebijakan kepada pengirim proposal  apabila mengalami kesulitan bisa menghubungi pihak Dikti.
PKM terdiri dari beberapa kategori seperti PKM Penelitian (PKM P), Penerapan Teknologi (PKM T), Kewirausahaan (PKM K), Pengabdian Masyarakat (PKM M), Karya Tulis (PKM KT), Artikel Ilmiah (PKM AI), Gagasan Tertulis (PKM GT). Menurut Oni apabila di tahun sebelumnya ada mahasiswa yang mengirim PKM K maka di tahun berikutnya bisa mengajukan proposal untuk PKM M. hal tersebut juga berlaku untuk kategori lain dengan syarat ada kesinambungan antara proposal yang telah dibuat dan yang akan dibuat.
Proposal yang telah terkirim akan dikoreksi oleh masing-masing pakar di bidangnya.
“Melihat peluang dengan tepat, lihatlah kejadian yang ada di sekitar kita dan manfaatkanlah untuk bahan PKM”, ucapnya memberikan motivasi pada mahasiswa.
Ada beberapa pertimbangan yang dilakukan pihak Dikti yaitu kreatifitas gagasan dan landasan ilmiah, metodologi, serta sumbangan berupa informasi bagi kemajuan ilmu pengetahuan. Oni berharap mahasiswa Malang dapat lolos ke tahap Nasional dan dapat berkarya dengan kreatifitas yang unggul.
Acara workshop di UMM tersebut digelar Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dirjen Dikti Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bekerjasama dengan UMM. 
Dr. Diah Karmiyati, P.Si selaku Pembantu Rektor (PR) III menuturkan dengan adanya workshop dan kegiatan PKM ini dapat memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan dan kreatifitas yang dimiliki. “Kami berharap pembina di setiap kampus dapat membina dan mengarahkan anak didiknya sampai ke nasional,” ungkapnya. (oci/eno)