Perkaya Kosakata Bahasa Inggris Lewat Scrabble

MALANG - Belajar kosakata Bahasa Inggris bisa dilakukan dengan beragam cara, salah satunya melalui permainan scrabble. Scrabble adalah permainan menyusun kata yang dimainkan dua atau empat orang. Pemenangnya ditentukan oleh poin yang diperoleh berdasarkan nilai kata yang terbentuk di atas papan permainan. Di beberapa sekolah, scrabble dijadikan media untuk menghapalkan kosakata dalam Bahasa Inggris.
Kemarin (21/10) SMPK Cor Jesu menggelar lomba scrabble yang diikuti 22 peserta dari berbagai SD se-Malang Raya. “Lomba ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam Cor Jesu Festival,” ujar Agatha Titik R Koordinator Lomba Scrabble.
Dikatakannya, di tingkat SMP permainan scrabble sudah banyak dimasukkan dalam pelajaran Bahasa Inggris. Sedangkan untuk tingkat SD permainan scrabble belum banyak diterapkan. “Kami ingin mengenalkan scrabble ke siswa SD karena manfaatnya banyak,” ujar guru Bahasa Inggris ini.
Bermain scrabble dapat membantu anak dalam menghapalkan kosakata Bahasa Inggris. Tak hanya itu, permainan yang berkembang di Inggris, Amerika, dan Australia ini juga melatih anak dalam menerapkan strategi permainan. Karena anak harus menyesuaikan waktu berpikir dan poin yang ada dalam tiap huruf.
“Belajar kosakata dengan scrabble lebih menyenangkan, siswa tidak merasa terpaksa hapalan karena akan menerapkan langsung kosakata yang sudah dikuasai. Selain itu bermain scrabble juga melatih kecepatan waktu berpikir dan ketepatan waktu,” katanya.
Perlombaan yang digelar SMPK Cor Jesu kemarin terdiri dari babak audisi atau penyisihan dan babak kompetisi untuk menentukan juara 1, 2, dan 3. Peraturan yang digunakan adalah aturan scrabble internasional. Acuan yang digunakan adalah Oxford Advance Learner’s Dictionary.
Perlombaan bermain kata-kata yang diikuti puluhan peserta ini dimenangkan oleh SDK Mardi Wiyata 2 (Juara I), SDK St. Fransiskus Xaverius Lawang (Juara II), dan SDK Cor Jesu (Juara III). (nin/eno)