Ratusan ’CJH’ Ikuti Manasik Haji

MALANG – Jum’at (19/10) lalu ratusan siswa-siswi MIN Malang 1 kembali menggelar agenda rutin manasik haji. Kegiatan tahunan itu diikuti dewan guru serta siswa kelas 5 dan 6.  Kepala MIN Malang 1 Abdul Mughni, S.Ag,M.Pd mengatakan, kegiatan manasik haji dikenalkan pada siswa untuk menyempurnakan pembelajaran agama yang terdapat dalam kurikulum sekaligus aplikasi dari teori yang selama ini sudah diberikan kepada para siswa.
“Selain itu tentu ada motivasi bagi setiap yang melakukan kegiatan ini untuk benar-benar dapat melaksanakan rukun haji yang sesungguhnya,” jelas Mughni kemarin.
Dalam kegiatan itu semua siswa dan guru menggunakan pakaian ihram layaknya orang yang sedang melaksanakan rukun haji yang sesungguhnya. Bermacam bentuk miniatur seperti kakbah, hijir ismail dan beberapa unsur lain dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai aslinya.
Menurut Mughni, selain melaksanakan ibadah dengan baik ada beberapa nilai pembelajaran yang ditanamkan pada peserta didiknya melalui kegiatan manasik ini. Di antaranya memupuk nilai ketauhidan dengan memperkaya kegiatan ketakwaan akan membuahkan akhlakul karimah terutama saat mereka melaksankan kegiata haji yang sesungguhnya. Disamping itu ukhuwah islamiyah yang menjadi kekuatan umat muslim dapat dibina melalui kegiatan ibadah haji.(imm/eno)