Tertarik dengan Konsep Akademi

MALANG - Kesuksesan Sampoerna Academy membuat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Malang mempertimbangkan penyelenggaraan sekolah dengan konsep akademi. Hal ini dikatakan Budiono, Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Dikbud Kota Malang. Ia  menuturkan, konsep Sampoerna Academy adalah program pendidikan yang menitikberatkan pada nilai akademis sekaligus nilai moral.
“Kami melihat lulusan Sampoerna Academy ini memiliki keunggulan baik dari sisi akademik maupun non-akademik terutama kepemimpinannya. Konsep pendidikan berkarakter ini-lah yang dibutuhkan,” katanya.
Budiono menambahkan, lulusan yang diharapkan selain memiliki keunggulan akademik juga memiliki kepekaan yang tinggi dalam bidang sosial. Program sekolah akademi ini dirancang untuk mencetak pemimpin yang tak hanya cerdas, namun juga memiliki integritas dan rasa sosial yang tinggi untuk memajukan bangsa. Sehingga Dikbud Kota Malang mempertimbangkan konsep pendidikan seperti Sampoerna Academy.
“Ke depannya kami ingin SMKN 13 memiliki konsep yang sama dengan Sampoerna Academy. Tetapi dalam waktu dekat belum dapat terlaksana karena SMKN 13 masih dalam tahap pembangunan,” tambahnya lagi.
Dikatakannya pula, pendidikan karakter di SMKN 13 sudah mulai dibentuk dengan digembleng TNI AL sesuai dengan bidang keahlian yang ditawarkan. “Salah satu program keahlian pelayaran (Nautika Kapal Niaga dan Teknika Kapal Niaga) sehingga relevan jika menggandeng TNI AL,” katanya. Selain program keahlian pelayaran,  SMKN 13 juga membuka Keperawatan, dan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP).(nin/eno)