Siswa SD Insan Amanah Gelar Manasik Haji

MALANG - Semangat menjalankan ibadah haji tidak hanya dirasakan kaum muslim di Mekkah saat ini. Namun nuansa ibadah thawaf, wukuf dan sebaginya juga akan dirasakan siswa-siswi SD Insan Amanah yang akan melakukan simulasi manasik haji hari ini di Taman Krida Budaya Jawa Timur.
Acara tersebut akan diikuti sekitar 400 siswa yang terdiri dari kelas 3 hingga kelas 6. Tidak hanya siswa, semua jajaran guru ikut akan simulasi sebagai pendamping bagi tiap kelompok siswa.
Ketua Lembaga Pendidikan Islam SD Insan Amanah Hamdan,SH mengatakan, kegiatan manasik haji ini dimaksudkan untuk memahami kembali sejarah perjalanan sirah nabi Ibrahim dalam melaksanakan syariat Allah. Di samping itu juga untuk memperdalam materi pandidikan  ibadah haji yang selam ini dipelajari siswa secara teoritis.
“Ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yang seharusnya ditunaikan bagi muslim yang mampu melaksanakannya,” kata dia. Lebih lanjut Hamdan menjelaskan, beberapa pembelajaran yang dapat ditanamkan melalui praktek ibadah haji antara lain sikap ketawaduan seorang hamba kepada Tuhannya dengan kepasrahan diri secara total.
Sebab, sambung Hamdan, dalam pelaksanaan haji seseorang mendapatkan kesempatan untuk lebih dekat dengan Allah. Segala bentuk urusan duniawi haruslah dikesampingkan demi mendapatkan ridha dari Allah berupa pahala haji yang mabrur. Selain itu sikap  berani berkorban untuk mencapai ridda Allah juga dituntut dalam pelaksanaan ibadah yang satu ini. Pasalnya menjalankan ibadah haji membutuhkan materi yang tidak sedikit dari awal hingga akhir pelaksanaannya.
“Oleh karenya perlu kita tanamkan pendidikan ini mulai sejak dini,” jelas Hamdan.
Sementara itu Waka Humas SD Insan Amanah Yakmun Taufik,M.Pd mengatakan, pelaksanaan manasik haji merupakan agenda tahunan yang selama ini dilakukan SD Insan Amanah. Ia  menuturkan, SD Insan Amanah berupaya memberikan yang terbaik untuk siswa-siswinya terutama berkenaan dengan kegiatan ibadah mereka.
Pelaksaan ibadah umrah yang selama ini juga telah dilakukan sebagian siswa SD Insan Amanah menjadi motivasi tersendiri untuk semakin memperdalam pemahaman peserta didik akan pengetahuan ibadah haji. Oleh karena itu sebagian tujuan akhir dari pelaksanaan kegiatan manasik haji ini sekolah berupaya menjadikan peserta didik dengan pondasi keimanan yang kuat dengan kualitas pengetahuan yang baik akan pelaksanaan syariat agama.(imm/sir/eno)