Pengurus OSIS SMKN 3 Digembleng di Lanal

MALANG - Sebagai sekolah yang sukses mengembangkan pendidikan karakter, SMKN 3 Malang tak henti membuat program baru. Kali ini sekolah kejuruan bidang pariwisata itu sukses menggembleng calon pengurus OSIS periode 2012/2013 di Lanal Malang. Agenda Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) tersebut dilaksanakan selama dua hari 6-7 Oktober lalu.
Menurut Waka Kesiswaan SMKN 3, Siswanto untuk kali pertama sekolah menggandeng Lanal dalam kegiatan pembentukan karakter siswa.
”Ke depan kegiatan ini akan terus kami evaluasi agar terbentuk calon pemimpin yang ideal dari wadah organisasi sekolah,” ungkapnya.
Sebelum digelar LDKS, siswa telah melalui proses pemilihan pengurus OSIS yang baru. Tujuan LDKS ini adalah untuk memberikan wawasan kepada siswa tentang keorganisasian, dan sebagai latihan calon pemimpin OSIS maupun MPK. Materi yang diberikan diantaranya kepemimpinan, keorganisasian, disiplin, etika, fisik dan mental, serta pembentukan karakter. Kegiatan ini diikuti sebanyak 52 pengurus OSIS dan MPK SMKN 3.
”Nantinya tidak hanya siswa saja, tapi bapak dan ibu guru juga ingin kami ajak belajar ke Lanal Malang,” bebernya.
Ketua OSIS SMKN 3, Fahrobi Santoko siswa kelas XI TKJ 1 menuturkan karena digembleng langsung oleh pelatih dari LANAL, ada kesan berbeda bagi ia dan rekan-rekannya. Terutama saat mereka diajak outbond untuk uji kekompakan dan juga keberanian.
”Awalnya sedikit takut karena akan dididik secara militer, tapi ternyata jauh dari bayangan kami,” bebernya.
Salah satu materi yang berkesan menurutnya adalah materi kepemimpinan. Dimana pelatih memberikan gambaran bagaimana sosok pemimpin yang baik dan dijadikan teladan oleh anggotanya. Ia berharap ke depan bersama OSIS SMKN 3 Malang bisa mendukung program sekolah. Dan yang paling penting adalah memaksimalkan ekstra kurikuler untuk menanggulangi kegiatan negatif remaja.
Kepala SMKN 3, Dra Aksi Hari M.Pd menegaskan sekolah memandang perlu untuk membekali calon pengurus OSIS dengan pelatihan yang bagus. Karena itulah pihaknya menggandeng Lanal Malang. Dengan harapan bisa terbentuk karakter calon pemimpin bangsa yang berkarakter, jujur, berwawasan lingkungan dan berakhlak mulia.
Diakuinya pendidikan karakter di sekolah dilaksanakan melalui berbagai program. Mulai dari dibentuknya satuan petugas (Satgas) yang memantau disiplin siswa, dan kegiatan lainnya. Ia berharap siswa SMKN 3 Malang menjadi generasi yang unggul dalam akademik dan juga berkarakter.(oci/sir/eno)