Dana BOS SMA Bakal Cair

MALANG - Sebanyak 3.820 siswa SMA dan SMK di Kota Malang akan segera menikmati dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMA dari APBD 1. Bantuan dari pemerintah propinsi Jawa Timur (Jatim) itu diberikan sebesar Rp 65 Ribu per siswa.
”Dalam waktu dekat dana akan segera dikucurkan setelah proses administrasi rampung,” ungkap Kasi Kelembagaan Pendidikan Menengah Dikbud Kota Malang, Dyah Christiana kepada Malang Post.
BOS SMA lanjutnya sebelumnya bernama bantuan khusus siswa miskin (BKSM). Di tingkat Kota Malang, BOS SMA masih bernama BKSM. Bantuan tahun ini dialokasikan untuk 6.125 siswa miskin dengan besaran Rp 65 Ribu per siswa. BKSM dari APBD II Kota Malang ini sudah diberikan kepada sekolah sejak awal Oktober lalu untuk triwulan ke empat yaitu Oktober, November dan Desember. Sayangnya masih ada sekolah yang sampai kemarin belum mencairkannya.
”Masih ada lima sekolah yang belum datang untuk melakukan tandatangan SPJ, jadi kami himbau yang belum SPJ segera datang ke kantor Dikbud,” tegasnya.
Sementara itu Kabid Pendidikan Menengah Dikbud Kota Malang, Suwarjana SE MM menuturkan rintisan BOS untuk SMA ini merupakan jalan menyukseskan program pemerintah pendidikan menengah universal atau rintisan wajib belajar 12 tahun. Bahkan sebenarnya sejak lama Dikbud Kota Malang sudah memberikan kesempatan besar kepada siswa agar bisa sekolah tanpa terbebani biaya. ”Yang kesulitan biaya silahkan datang ke Dikbud Kota Malang,” tegasnya. (oci/eno)