Ratusan Mahasiswa Ikuti Festival Olahraga

MALANG - Mahasiswa se- Malang Raya menjalin keakraban melalui gelaran festival olahraga perguruan tinggi yang digelar di Stadion Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kemarin yang berakhir hari ini. Lomba yang dikemas dengan model outbond itu diikuti sebanyak 500 mahasiswa dari 50 perguruan tinggi se Malang Raya.
“Persahabatan itu penting, termasuk menciptakan kerukunan dan kedamaian. Melalui olahraga semua itu bisa dibangun hingga menciptakan pemuda yang berkarakter,” ucap Deputi Menpora Bidang Pembudayaan Olahraga, Tunas Didharto saat membuka acara kemarin.
Event di UMM tersebut menurutnya baru kali pertama digelar di Indonesia dan ia berharap bisa menjadi pilot project untuk kegiatan yang lebih besar.
Sementara itu Ketua Panitia Festival, Mochammad Syarif menuturkan pertandingan kali ini dibagi dalam lima kegiatan. Di antaranya spider web, meniti bambu, mengisi karung pasir, merayap dan flying fox.
”Olahraga yang dilaksanakan memang bukan olahraga prestasi, tapi sifatnya outbond,” jelas Syarif.
Lebih jauh ia mengungkapkan, kota Malang dipilih sebagai pilot project acara besar tersebut karena di Malang banyak terdapat perguruan tinggi tapi suasananya rukun dan kondusif. ”Sekarang ini marak terjadi perkelahian dan tawuran, karena itu kegiatan positif seperti outbond ini digelar untuk mengantisipasinya,” jelasnya.
Dalam acara pembukaan kemarin disuguhkan atraksi dari unit kegiatan mahasiswa (UKM) di UMM. Di antaranya UKM pencak silat dan juga tari. Pembukaan juga ditandai dengan pelepasan balon udara oleh Deputi Menpora didampingi Rektor UMM, Dr Muhadjir Effendy M.Ap. (oci/eno)