Kembali Tuntut Pengembalian Uang Praktikum

MALANG - Sebuah spanduk besar kembali mewarnai halaman gedung dekanat Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) kemarin. Spanduk bertuliskan tuntutan mahasiswa agar uang praktikum dikembalikan itu dipasang kemarin oleh mahasiswa FIB karena tuntutan mereka tak juga dipenuhi oleh pihak fakultas.
“Janjinya uang praktikum akan dikembalikan satu minggu setelah aksi demo beberapa waktu lalu, tapi ternyata sampai hari ini belum ada kepastian,” ungkap Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Ahmad Jamaludin kepada Malang Post.
Mahasiswa Jurusan Sastra Jepang ini menuturkan bahkan dalam pertemuan terakhir yang dilakukan mahasiswa dengan pihak fakultas, ada kesan pengembalian tidak jadi dilaksanakan. Fakultas menawarkan agar uang yang masih ada untuk diwujudkan dalam bentuk kegiatan dan tidak dikembalikan secara tunai.
“Lalu apa fungsinya praktikum bagi kami yang semester tujuh dan hampir lulus,” keluhnya.
Hal senada diungkapkan Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pujangga, Sugianto. Mahasiswa sastra Jepang angkatan 2010 itu menuturkan info yang diterima mahasiswa total dana praktikum yang belum dimanfaatkan di FIB sebanyak Rp 990 Juta. Sementara jika harus ada pengembalian paktikum, maka pihak fakultas harus mengembalikan kepada sekitar 3 ribu mahasiswa mulai angkatan 2012 sampai 2009.
”Kalau memang ke depan praktikum akan dimaksimalkan tentunya itu hal bagus, tapi uang yang sudah kami bayarkan kemarin harus dikembalikan karena kami tidak pernah diajak praktik,” tegasnya.
Jika tuntutan tersebut tidak dipenuhi, menurutnya tidak menutup kemungkinan mahasiswa akan menggelar aksi yang lebih besar.  ”Jika perlu kami akan melakukan revolusi besar-besaran agar semua tidak memandang sebelah mata kepada mahasiswa FIB,” tukasnya.(oci/eno)