Bekali Siswa dengan Sembilan Kecerdasan

MALANG- TK & PG Primagama Sawojajar Malang membentuk siswa-siswanya memiliki sembilan kecerdasan. Kecerdasan tersebut adalah kecerdasan linguistik, kecerdasan matematis-logis, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetis, kecerdasan musikal, kecerdasan intra personal atau intuitif, kecerdasan interpersonal, kecerdasan natural, dan kecerdasan eksisitensial.
”Kami mengarahkan siswa kami untuk mengasah beragam kecerdasan yang dimiliki. Dalam pembelajaran kami lebih banyak mengarahkan kecenderungan minat siswa,” ujar Ir. H. Djoko Setyono, MM Kepala TK&PG Primagama.
Djoko menambahkan, anak usia dini tidak bisa dipaksa untuk belajar yang bukan minat dan bakatnya. Sehingga guru-guru TK&PG Primagama memberikan kesempatan siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran.
”Kami membiasakan siswa untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya melalui kegiatan yang menyenangkan dan bervariasi. Saat ini bukan zamannya guru yang aktif, tetapi siswanya yang aktif,” kata alumni ITS ini.
Dalam kegiatan pembelajaran, selain menekankan pada dimensi kecerdasan siswa juga dibina untuk memiliki karakter melalui pembelajaran akhlak. ”Konsep pendidikan kami adalah aktif, inovatif, dan Islami. Sehingga pendidikan kami menekankan pada tiga hal tersebut,” kata pria ramah ini.
Menurut Djoko, kecerdasan dalam bidang akademik saja tidak cukup tanpa didukung larakter religius. Selain mengembangkan siswa pada jenjang kelompok bermain dan taman kanak-kanak, Primagama juga mengembangkan bakat dan minat anak melalui daycare dengan konsep terpadu.
”Usia dini merupakan saat yang tepat dalam mengarahkan kecerdasan dan membentuk karakter. Karena usia dini adalah masa golden age, artinya anak lebih mudah menyerap apa yang diberikan dan akan terbawa saat ia tumbuh dan berkembang,” pungkasnya. (nin)